Langsung ke konten utama

MERAIH RIDHO ILAHI


Meraih ridho ilahi dengan menebar kebaikan untuk negeri

Tujuan paling tinggi dan paling mulia dalam kehidupan kita adalah menggapai dan meraih ridho Allah SWT baik kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat. Tujuan ini harus senantiasa kita segar-segarkan dan kita patri betul di benak kita agar semua pekerjaan dan pikiran kita tertuju dan terarah pada tujuan tersebut. 

Tujuan ini adalah tujuan yang Eternal atau abadi. Dan kita memintanya kepada Dzat maha abadi. Sedangkan yang selain-Nya merupakan wasilah atau media untuk meraih dan menggapai tujuan mulia tersebut. Maka seyogyanya kita senantiasa memohon kepada Allah SWT agar kita mendapatkan ridho dan rahmat-Nya. 

Secara garis besar, ada dua cara untuk mencapai ridho ilahi yakni

1. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. 

Ini yang hubungannya dengan Allah SWT atau hablum minallah. Maka urusan dengan Allah secara besar ada dua hal yakni kita menyembah Allah dan tidak menyekutukan Allah SWT dengan apapun dan siapapun. 

2. Menebar kebaikan dalam kehidupan. 
Menebar kebaikan dalam kehidupan bisa dilakukan asal sesuai kemampuan dan sesuai dengan nilai-nilai sosial masyarakat. 

Diantara beberapa contoh menebar kebaikan dalam kehidupan adalah 

a. Menjaga diri sendiri dan keluarga
Ini lingkup terkecil yang harus kita jaga dan kita rawat. Ini adalah lingkup paling mungkin untuk kita berbuat dan menebar kebaikan. Dengan memberi makan, pakaian dan tempat tinggal yang layak, maka mereka akan terhindari dari hal-hal buruk seperti penyakit dan lain sebagainya. 

Termasuk memberikan pendidikan yang baik melalui contoh dan nilai-nilai kehidupan yang baik. Dengan memberikan pendidikan yang baik, maka minimal diri kita dan keluarga kita tidak jadi beban bagi orang lain. Terlebih bagi negeri. 

b. Membantu orang lain 
Jika kita sudah selesai dengan urusan paling kecil yakni diri sendiri dan keluarga, maka kita bisa menebar kebaikan ke lingkup yang lebih luas dan banyak. 

Bisa dengan menjadi tenaga pendidik, dan lain sebagainya

c. Menjaga dan merawat lingkungan
Lingkungan yang baik dan nyaman tidak serta merta hadir dan muncul dengan sendirinya. Semuanya perlu upaya dan usaha. Minimal menjaga dan merawat lingkungan sekitar atau lingkungan yang ada jika kita tidak bisa merawat secara lebih luas. 

Semoga bermanfaat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅