Langsung ke konten utama

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya. 

Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. 

Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya.

Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah. 

Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya. 

Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? Jangan ditanya bagaimana tidur mereka selalu bermimpi kan berkumpul bersama keluarga mereka. Jangan ditanya. Sebab jawabannya adalah ya semua.

Maka jangan sia-siakan ini. Keberhasilan mereka melewati adaptasi lingkungan baru, teman baru, aturan baru. Ya semua serba baru. Semua itu mampu mereka lewati. Inilah kekuatan mental yang kita harapkan. Menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.

Ketika masa libur nanti. Jangan ditanya siapa yang sering ganggu kamu?. Justru sebaliknya sudah berapa teman yang kamu kenal? Dari mana saja asal mereka ? Inilah yang harus ditanyakan agar prestasi yang sudah diraih tidak menguap sia-sia.

Ketika libur nanti, mintalah mereka untuk menceritakan pengalaman mereka selama kurang lebih 5 bulanan di pondok. Niscaya cerita mereka akan mengalir dan memberi kesan tersendiri. 

Ketika mereka libur nanti. Mintalah mereka baca Al Quran. Simak bacaan Al Quran mereka, insha Allah bapak ibu akan menangis dan haru menyimak bacaan Al Quran mereka. Inilah hasil perjuangan mereka selama satu semester. Ya. Bacaan Al Quran yang fashih dan hafalan Al Qur'an.

Bisikkan mereka motivasi agar mereka lebih siap kembali ke pondok dengan bekal keberhasilan satu semester kemaren. Kuatkan mereka bahwa mondok itu hanya sebentar saja. 

Selamat kepada bapak/ibu yang telah berhasil memotivasi dan menguatkan putri bapak ibu sekalian. 

Perjuangan kita masih panjang. Manfaatkan sebaik mungkin masa libur dengan membangun komunikasi yang intens. Ajak mereka untuk sama-sama tilawah. Dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Selamat 🙏

Komentar

Unknown mengatakan…
Maa Syaa Allah, rasa haru dan bahagia bercampur dalam diri kami selaku wali santri. Tak sabar rasanya menanti bidadari syurga kami yg telah berjuang sepenuh hati dan srkuat tenaga agar menjadi insan shalihah yg lebih kuat dan tangguh.

Teriring rasa syukur dan terimakasih tak terhingga buat ustadz/ustadzah yg telah memberi semangat, magajarkan akhlaq, mencurahkan ilmu dan membimbing ananda dg penuh kasih sayang, teriring doa suci kami untuk ustadz/ustadzah semoga Rabb gantikan kebaikan yg sdh diberikan kpd putri kami di balas dg balasan istimewa dan kemuliaan hidup di dunia dan akhirat... Aamiin

Dari kami Lina Alfiah Bojonegoro Wali santri Nadya Zulfa Syakila kls 8c

Postingan populer dari blog ini

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅