Langsung ke konten utama

MENJADI PEMILIH YANG CERDAS

Dua hari lagi kita akan memilih calon presiden dan calon wakil presiden untuk memimpin bangsa dan negara ini lima tahun ke depan. 
Setiap orang pasti sudah memiliki pilihan diantara ketiga paslon yang ada. Tentu dengan semua pertimbangan dan alasan masing-masing. Semua pihak terus bersikukuh dengan alasan dan logika masing-masing. Tak mau kalah jika berdebat. Bahkan terkadang lebih parah lagi tak bisa membedakan antara data dan emosi. Antara yang hak dan yang bathil. Yang penting jagoannya menang. 

Memang memilih pemimpin itu penting. Bahkan sangat penting sekali dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bisa dibayangin jika sebuah bangsa besar seperti Indonesia tak memiliki pemimpin, maka bisa terjadi chaos dimana-mana. Atau punya pemimpin tapi tidak kapabel. Sehingga banyak kebijakan yang merugikan dan menyengsarakan rakyat. 

Dulu, saya juga sangat fanatik dengan salah satu paslon. Bahkan terkadang terlibat dalam debat-debat yang lebih banyak emosinya daripada data dan faktanya. Mungkin kawan-kawan juga demikian. Mungkin demikian juga kawan-kawan juga pernah mengalami hal yang sama. 

Coba ingat kembali semua peristiwa 5 tahun yang lalu dimana hampir saja kita bermusuhan dan saling curiga antar satu pendukung dengan pendukung lainnya. Karena saat itu, hanya ada 2 paslon yakni pak Jokowi dan Pak Prabowo. Coba ingat kembali. Habis itu apa? Ternyata kita kembali pada kehidupan normal dimana problematika hidup kita bukan semata tentang hari pemilihan dan pencoblosan. Bahkan habis coblosan pun mungkin kita masih cari hutangan agar bisa makan pada hari itu. Mungkin kita masih cari hutangan untuk bisa nyicil tagihan-tagihan kita. 

Mungkin juga ada kemudahan-kemudahan yang dibuat karena kebijakan  presiden. Dan tentu saja itu wajar. Karena memang itu yang kita inginkan. Tetapi bukankah hidup ini kita sendiri yang harus memperjuangkannya. Bukan orang lain.

Maka ada benarnya apa yang dikatakan oleh seorang ulama yang alim yakni Gus Baha' bahwa selama kita menggantungkan kehidupan kita kepada manusia maka kita akan mendapatkan kekecewaan demi kekecewaan. Pernah dipimpin Pak Karno, kecewa. Trus digulingkan. Pernah dipimpin pak Harto, Pak Habibi, Gus Dur, Bu Mega dan Pak SBY. 

Memang di zaman pak SBY kehidupan berbangsa  dan bernegara terasa lebih aman dan damai. Tapi bukan berarti zaman pak SBY tanpa celah dan kekurangan. Maka bersikap wajarlah menjadi pemilih. Tidak usah terlalu fanatik tapi tidak juga golput. 

Walaupun dalil ini juga tetap akan dipatahkan jika bertemu dengan lawan politik karena beda pilihan. 

Jadi hemat saya, pilihlah pilihanmu jika itu yang terbaik menurutmu. Tapi tetap saja kamu harus berjuang untuk anak istrimu, makan mereka, listrik mereka, air mereka dan semua yang menjadi tanggung jawabmu, kamu yang harus berjuang. 

Ini hanya sekedar saran saja. Sebab kita hanya memilih atau orang awam yang tidak punya akses ke sana. 

Memang yang punya koneksi dan akses, tentu akan mendapatkan cipratan dan sebagainya 

Sehingga saya pun tak terlalu heboh dan pusing dengan hiruk pikuk coblosan. 

Habis nyoblos, ya saya ke sawah. Cek jagung saya. Bersih-bersih rumah, bantu kerjaan istri. Main sama anak-anak. 

Saya tetap dukung salah satu paslon. Tapi biasa saja. 😇😇😇

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅