Langsung ke konten utama

MEMBANGUN JEJARING

Membangun jejaring

Berdasarkan fakta yang ada bahwa pesantren ini sudah memiliki banyak walisantri dan alumni, maka strategi yang tepat agar lembaga ini terus eksis adalah membangun jejaring atau istilah apa saja yang menunjukkan pada adanya ikatan emosional antara lembaga ini dengan masyarakat luas. 

Jika mengacu kepada unsur-unsur manajemen, maka salah satu unsur terpenting adalah Man atau SDM. Baik SDM intern maupun SDM ekstern. SDM ekstern bisa kita sebut dengan market sebagai unsur lain dari manajemen. 

Maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah
1. Mengikutsertakan walisantri baik yang putrinya masih aktif maupun yang sudah lulus untuk mengikuti kajia  jumat sore sebulan sekali. 

2. Menyebarkan survey terkait dengan harapan keilmuan dan wawasan yang mereka inginkan dari lembaga ini. 

3. Materi pembinaan harus terstruktur dengan pemateri yang paten atau tetap. 

4. Jika sudah ada data hasil survey, maka dibuatlah kesepakatan terkait dengan jadwal kegiatan yang diharapkan. 

5. Yayasan berkoordinasi dengan MUSHIDA  dan DPD agar dua organisasi ini yang membina walisantri berdasarkan kesepakatan sebelumnya. 

6. Harapan lebih jauhnya adalah terbangunnya jemaah Hidayatullah Madiun di beberapa rayon sekitar madiun dimana jemaah ini terbimbing dan teredukasi secara terstruktur dan berkelanjutan. 

Manfaat membangun jejaring
1. Lembaga ini memiliki pagar pengaman. 
Dengan pembinaan rutin, maka diharapkan semua hal tentang pondok diketahui dan dipahami oleh jemaah. Sehingga merekalah yang mengcounter semua berita negatif terkait pondok

2. Sumber informasi pendukung
Lembaga ini sudah memiliki sumber informasi resmi melalui kehumasan. Namun demikian, jemaah yang terbina menjadi sumber informasi pendukung yang bisa menguatkan semua hal tentang pondok pesantren ini. 

3. Menjadi penyelenggara PSB
Jemaah yang sudah loyal, maka bisa dijadikan sebagai perwakilan rayon untuk menyebarkan informasi pondok pesantren dan penyelenggaraan PSB berdasarkan rayon. 

4. Jumlah rayon
Minimal pesantren ini memiliki 6 rayon jemaah yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota seperti Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Ngawi, Magetan dan Nganjuk. 

Dengan adanya jemaah tersebut diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal pesantren Darul Madinah ke depannya. 

5. Jemaah sbg sumber kekuatan ekonomi
Jemaah yang sudah terbina dengan baik bisa diajak untuk terlibat dalam membangun ekonomi pesantren ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅