Langsung ke konten utama

HINDARI DAN JAUHI PEMIMPIN SEPERTI INI

Pembahasan terkait pemimpin dan kepemimpinan tidak akan pernah habis dikaji dan diulas. Sebab manusia akan selalu butuh kepada pemimpin dan kepemimpinan sebagaimana butuhnya manusia pada kesehatan, kesejahteraan dan kedamaian. Selama manusia hidup di muka bumi ini, tema kepemimpinan, kesehatan, kesejahteraan dan kedamaian akan selalu menjadi diskusi yang selalu hangat diperbincangkan dan diperdebatkan. 

Bukan semata karena mendekati pilpres tapi lebih kepada kebutuhan diri apakah diri kita sebagai pemimpin sudah memenuhi kriteria tertentu atau umum sebagaimana kita ketahui yakni sifat jujur, amanah dan cerdas. Dan terkadang kita pun juga bertanya bagaimanakah caranya agar kita bisa menjadi pemimpin seperti yaang disebutkan tadi. 

Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pemimpin atau ingin  memilih pemimpin. Dan ada pula kriteria tertentu yang menjadi acuan agar terhindar dari pemimpin  yang tidak tepat. Salah satu warning agar kita tidak memilih pemimpin semacam ini. 

Dalam salah satu sabdanya Rasulullah ﷺ bersabda dalam redaksi untaian doa;

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

 “Ya Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.” (HR. al-Bukhari)


Melalui hadits ini, Rasulullah ﷺ mengisyaratkan ada dua karakter pemimpin buruk. Pertama adalah kekanak-kanaan. Di antara cirinya adalah; 

1. Bergantung pada pihak lain
Terutama orangtua. Sikap independensi masih sangat lemah. Intervensi orang-orang terdekatnya masih mendominasi dalam menentukan suatu keputusan.

2. Egois. 
Anak memiliki sifat keakuan yang sangat tinggi. Sehingga cenderung  ‘otoriter’. Memaksakan kehendak. Segala kemauannya harus dituruti. Tak peduli itu membahayakan dirinya ataupun orang lain.

3. Baperan
Alias bawa perasaan dan mudah tersinggung. Anak kecil mudah sekali tersulut emosinya, bila ada hal yang dianggap merendahkan dirinya. Misal, ketika ia tengah membuat sesuatu, kemudian ada temannya yang menilai jelek dan mengolok-ngolok karyanya. Maka ia akan terpancing marah, bahkan bisa jadi menyerang balik si kawan.

Rasulullah saw bersabda:

وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدْ اقْتَرَبَ: إمَارَةُ الصِّبْيَانِ إنْ أَطَاعُوهُمْ أَدْخَلُوهُمْ النَّارَ, وَإِنْ عَصَوْهُمْ ضَرَبُوا أَعَنْاقَهُمْ
.
”Celakalah orang Arab dari kejahatan yang telah dekat, yaitu imaarat ash-shibyaan (pemimpin yang kebayi-bayian), yakni kepemimpinan yang jika rakyat mentaati mereka, mereka akan memasukkan rakyatnya ke dalam neraka. Tapi jika rakyat tidak mentaati mereka, mereka akan membunuh rakyatnya sendiri.” (HR Ibnu Abi Syaibah).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅