Langsung ke konten utama

SHOLEH ITU MAHAL


Saya yakin kita semua sudah sangat akrab dengan kata sholeh dan sholehah. Kata ini sering kita dengar tatkala kita menjenguk saudara atau tetangga yang dikaruniai anak yang kemudian kita susulkan dengan doa menjelang kepulangan kita dari rumahnya dengan ungkapan dan doa "semoga jadi anak sholeh atau sholehah ya". Dan masih banyak lagi ungkapan yang menunjukkan pada kondisi-kondisi kebaikan seorang anak. 

Namun ada satu hal yang jarang dipikirkan dan direnungkan oleh diri kita atau masyarakat kita bahwa sholeh dan sholehah itu mahal. Baik nilainya maupun biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai level kesholehan tertentu. Apalagi proses untuk melahirkan kesholehan, betapa banyak diantara kita bahkan mungkin diri saya sendiri yang jungkir balik membangun kesholehan itu sendiri. Dan betapa sulitnya membangun istiqomah pada diri kita sendiri. Lebih-lebih kepada orang lain, anak kita, santri-santri kita. 

Barangkali perlu sekali atau bahkan mungkin wajib bagi kita yang ragu untuk membangun kesholehan untuk melihat dan mendengar tangis para orang tua yang melihat moral anaknya hancur tak tertata. Doa yang tak henti-henti dan tanpa lelah dimunajatkan untuk memiliki keturunan yang sholeh. Biaya yang tak sedikit yang dikeluarkan untuk hadirnya anak yang sholeh. Lihat dan dengar ratapan mereka para orang tua yang harapannya sudah setipis tisu karena tak kunjung melihat tanda-tanda kesholahan itu ada pada anaknya. 

Maka bersyukurlah kepada Allah SWT anda para orang tua yang Allah karuniakan anak-anak yg sholeh dan sholehah. Sebab perjuangan anda sudah membuahkan hasil. Dan bagi para orang tua yang sedang berjuang untuk memiliki anak yang sholeh, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa kita tiru dari mereka sebagai berikut

1. Keteladanan
Kata ini mudah sekali diucapkan. Namun sungguh berat dipraktekkan. Keteladanan adalah kondisi dimana kita pantas dan layak ditiru. Mulai dari sikap, tutur kata dan semua hal yang berkaitan dengan diri kita. 

Keteladanan adalah kondisi atau keadaan dimana kita pantas untuk didengar karena keutuhan antara ucapan dan perilaku kita. 

Keteladanan adalah kondisi ideal yang pantas untuk ditiru dan dicontoh. 

Keteladanan adalah sebuah nilai yang sangat mahal harganya. Namun sebagai orang tua patut kiranya untuk terus belajar memantaskan diri kita untuk diteladani. 

2. Kesabaran
Kata ini juga mudah diucapkan dan sering kita simak. Namun dalam realitanya bukanlah hal yang kudah dipraktekkan. Satu dua kali menyuruh anak melakukan sesuatu namun tak digubris, maka kesabaran kita diuji di kondisi itu. Satu dua kali nasehat kita tak didengar, kesabaran kita sedang dipertaruhkan di kondisi itu. 

3. Ilmu
Kesholehan butuh ilmu. Bukan sekedar baik. Tapi baik yang memiliki landasan ilmu. Bukan sekedar sholeh tapi sholeh yang dilandasi kesadaran bahwa kesholehan itu baik dan mahal bahkan penting. 

4. Biaya 
Dan tak kalah penting dari itu semua adalah biaya. Tentu saja yang dimaksud dengan biaya di sini adalah biaya pendidikan. Mulai jenjang paling dasar sampai pendidikan tinggi dimana semuanya membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Semua hal di atas akan sangat terasa berharga sekali ketika adab atau perilaku anak kita rusak. Semua orang tua akan merasakan kecewa yang sangat mendalam ketika mendapatkan anaknya jauh dari harapan. 

Maka sekali lagi bersyukurlah ketika Allah sudah memberikan kita anak yang sholeh, dijaga dan dirawat dengan baik agar kesholehannya terus mendatangkan kebaikan demi kebaikan. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅