Langsung ke konten utama

SAMBUTAN LIBURAN SANTRI

Bismillah

Sebentar lagi kalian semua akan berlibur ke rumah masing-masing. Dan mungkin sudah banyak agenda yang akan kalian lakukan selama berlibur. Yang pasti berlibur itu untuk happy-happy atau bersenang-senang. Bisa berupa jalan-jalan, travelling, mengunjungi keluarga, dan lain sebagainya. 

Sebelum kalian berlibur, ada baiknya kalian tafakkur atau merenung terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang mesti kalian renungi. Diantaranya

1. Usia kita semakin dewasa
Semua kita beranjak dari satu titik ke titik yang lain. Dari satu kondisi ke kondisi yang lain. Dari satu keadaan ke keadaan yang lain. 

Kalau setahun, dua tahun atau tiga tahun yang lalu kalian masih SD atau MI, sekarang kalian sudah SMP. Dulu kalian adalah anak-anak, sekrang kalian sudah memasuki masa remaja. 

Jika demikian bapak ibu kita juga semakin tua sebagaimana kita sudah memasuki masa remaja. 

2. Persiapan bekal
Dulu kami anak yang lahir tahun 80 an tidak mengira dan tidak menduga bahwa kami akan hidup dan menghadapi zaman digital dan zaman medsos. 

Bagaimanakah dengan kalian semua 10 atau 20 tahun lagi. Tak ada yang tahu. Tapi bisa diduga-duga atau ditebak. Setidaknya saat ini clue atau kisi-kisinya sudah ada di depan kita yakni AI atau Artificial Intelllegence atau kecerdasan buatan. Pun dwmikian juga isu perang Dunia ketiga, keluarnya Ya'juj dan Ma'juj dan termasuk Dajjal dan imam Mahdi. 

Sebuah analisis menyatakan bahwa Dajjal akan muncul sekitar tahun 2080 an. Dajjal akan dibunuh di Kota Lud Israel. 

Saat itu apakah saya dan antum semua atau kita semua masih hidup? Wallahu a'lam bish showab. Yang jelas imam Mahdi pun saat itu sedang frustasi gimana cara menghadapi Dajjal yang saat itu sedang kuat-kuatnya, maka turunlah Nabi Isa as dan sholat shubuh bersama Imam Mahdi. 

Pasca Dajjal mati, masih ada musuh yang sangat hebat,  merekalah Ya'juj dan Ma'juj. Nabi Isa as sampai ngumpet di sebuah pegunungan dan akhirnya setelah mereka keluar dari pegunungan tersebut, Ya'juj dan Ma'juj sudah binasa semua. 

Akan seperti apa kehidupan yang akan kalian lalui di masa-masa yang akan datang, itu disiapkan dari saat ini bekalnya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. 

Ada hal yang pokok dan prinsip yang harus kalian siapkan dari saat ini yakni keimanan yang kokoh dan juga ilmu yang mumpuni. 

Hidup yang akan kalian hadapi nanti bukan lagi tentang kompetisi tapi kolaborasi dan kerjasama untuk menghadapi tantangan kehidupan. 

3. Isi liburan dengan hal-hal positif
Banyak yang bisa dilakukan selama liburan mulai membantu kedua orang tua, mengunjungi keluarga, bertamasya bersama keluarga dan kegiatan positif lainnya. 

4. Jaga ibadah 
Libur pondok bukan berarti libur ibadah. Setiap kita adalah hamba Allah yang memiliki tanggung jawab untuk beribadah kepada - Nya dimanapun dah kapanpun. 

Ibadah adalah bukti dan tanda bahwa kita seorang hamba. Cirinya hamba itu sujud kepada Allah. Cirinya hamba itu patuh kepada Allah. 

Ibadah itu menyambungkan ruh kita kepada Allah. Agar Allah selalu menjaga kita dimanapun dan kapanpun. 

5. Jaga hafalan
Selama liburan jangan lupa murojaah hafalannya. 

Antum dipilih Allah untuk menjadi bagian dari penjaga al Qur'an. Kehormatan dan kemuliaan itu dijaga dengan baik. Ingatan dan hafalan yang sudah Allah karuniakan dijaga dengan murojaah walaupun sedang liburan. 

6. Jauhi maksiat
Maksiat itu mengeraskan hati. Menghilangkan barokah. Selama berlibur tetap jauhi maksiat. Apalagi yang sampai mencoreng harga diri kalian dan keluarga kalian. 

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅