Langsung ke konten utama

SAFARI ILMU : MENGGALI KEUNGGULAN


Hari ini Rabu, 6 September 2023 sebanyak 6 ustadz dan ustadzah berangkat dari kampus 1 Madiun menuju pesantren Al Iman Ponorogo. Perjalanan ini bertujuan untuk melakukan study banding terkait pengembangan bahasa Asing. Khususnya bahasa Arab dan Inggris yang nantinya akan diterapkan di PPTQ Hidayatullah Madiun. 

Silaturahim ini spesial karena ada tujuan mulia yang ingin diraih dan diwujudkan di Pesantren Darul Madinah Madiun dimana sebelumnya beberapa keunggulan sudah dimiliki dan sudah berjalan sekitar 10 tahunan yakni sejak 2010 sampai 2020 an. Keunggulan ini adalah di bidang tahfidzul Quran baik jenjang SMP maupun MA. 

Seiring perjalanan waktu program unggulan ini terus menjamur dan bermunculan di berbagai pondok pesantren di tanah air. Bahkan dengan program unggulan tambahan seperti tahfidz bersanad dan sebagainya. Program tahfidz ini sudah diadakan oleh hampir semua lembaga pendidikan baik pondok pesantren maupun sekolah umum seperti SMP/SMA/MA dan yang sederajat. 

Beberapa pesantren juga sudah beberapa langkah lebih maju dengan mengembangkan beberapa unggulan seperti IT, bahasa dan enterpreneurship. Sehingga lebih banyak pilihan yang bisa diambil oleh calon peserta didik maupun para walisantri. 

Maka moment safari kali ini bertujuan untuk belajar dan menggali keunggulan-keunggulan pesantren lain yang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Pesantren Darul Madinah Madiun. Khususnya di bidang bahasa Asing yakni Arab dan Inggris. 

Akhirnya kami sampai di Al Iman Ponorogo dan diterima oleh Bu Nyai dan ustadz Irfan. Dan dipersilahkan untuk memasuki ruang tamu di samping pondok. 

Beberapa hal yang kami temukan sbb

1. Bahasa merupakan yg pokok. Sebab bahasa adalah kunci. Di gontor wajib berbahasa Arab dan Inggris sejak awal masuk pondok. Tapi di Al Iman belom ditekankan karena ada beberapa kendala yakni guru pengajar mapel umum yg tidak bisa berbahasa. Dan juga karena sanksinya masih terlalu ringan. Sanksi bisa berupa kerudung berwarna. 

2. Kunci bahasa adalah disiplin. Sanksi bisa berupa menghafal kosakata atau kerudung berwarna. 

3. Jangan lihat skrg tapi lihat dulunya. Semuanya berawal dari kecil dahulu. 

4. Al Iman juga ada penugasan baik di Pesantren intern maupun di beberapa Pesantren cabang termasuk pesantren luar. 

5. Santri aktif diberi amanah di piket harian dan ada juga yang ada di dapur. Rata-rata kelas SMA. 

6. Sukses bahasa harus ditopang dengan struktur bahasa mulai tingkat struktur kelas atau per rayon, struktur GPH, dan struktur pesantren. 

7. Sukses bahasa harus ditopang dengan program kerja yang tertulis atau ada kurikulum tertulisnya. Didukung juga dengan buku, kamus, dsb


REKOMENDASI HASIL STUDY BANDING
1. Pengembangan bahasa dimulai dari kampus Madiun terlebih dahulu. Setelah Madiun sukses maka sistem yang sudah terbangun bisa dicopas ke kampus Jiwan. 

2. Kampus Madiun membuat program unggulan yang variatif seperti 
a. Program unggulan tahfidz seperti yang sudah berjalan. Tahfidz nya unggulan. Sedangkan bahasa tidak dominan

b. Program unggulan bahasa. Unggul bahasanya. Tahfidz secukupnya. Semisal 3 juz selama 3 tahun. 

c. Diniyah menjadi nilai dan warna bagi semua program. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅