Standarisasi PIBT dan Pesantren Tahfiz Jawa Timur
Unggul.
Kalau sudah unggul pasti sudah standar
Mandiri
Kalau sudah mandiri, pasti sudah standar
Catatan penting
1. Wilayah wewenang (wewenang mudhir dan wakil, wewenang, kepala dan wakil, wewenang pengajar dan pengasuh). Misal
a. Wewenang mengubah atau merevisi tata tertib pesantren, SOP, dan aturan yang fungsinya mengikat semua orang (guru dan santri)
b. Fungsi adanya struktur adalah adanya pembagian wilayah wewenang. Yang sangat nampak adalah wewenang antara tahfidz dan pengasuh.
c. Overlap wilayah wewenang akan memunculkan chaos dan kekacauan informasi. Si A bilang A. Si B bilang B. Si C bilang C.
Solusinya
1. Rapat adalah wadah dan media mengubah sebuah aturan atau menghapusnya
2. Rapat juga menjadi wadah mengkaji dan menginformasikan ke walisantri terkait perubahan aturan.
3. Rapat adalah memutuskan siapa yang harus bicara dan tidak boleh bicara.
2. Terkait musik yg boleh dan yg tidak boleh.
3. Komunikasi internal dan eksternal.
Group internal / WAG
4.
Apa yang membuat kita merasa unggul?
Branding
1. Warna harus paten
2. Font juga harus paten
3. Terus menerus
4. Tahfidz sudah umum. Harus ada brand penguat atau tambahan seperti leadership, enterpreneur ship, dll
5. Brand akan kuat kalau produknya bisa menyelesaikan masalah. Kalau produknya nambah masalah, maka untuk apa buat pesantren
6. Nama simple
7. Logo
8. Tagline
9. GSM
10. Brand bisa dg personal dan corporate
11. Bukti produk
12. Warna seragam pengelola
Pengelolaan Asrama
1. Menjadi pengelola asrama harus bahagia.
2. Konsep pesantren
3. SDM
4. Profil output
5. Tata tertib
------------------------------------------------------------------------
Kenapa kita memilih sistem boarding school?
Padahal resikonya besar sekali?
Jawabannya :
1. Mengajarkan hidup dan kehidupan
2. Pesantren membina otak dan watak
Standar minimalis
1. Ada pengasuh
2. Ada tata tertib
3. Jadwal kegiatan 24 jam
4. Ada profil lulusan.
-------------------------------------------------------------------------
Kenapa sistem kita harus tertulis?
1. Lembaga terbuka
2. Terbatasnya emosi karena banyak faktor
3. Info yg lengkap melahirkan kepercayaan dari masyarakat
4.
--------------------------------------------------------------------------
1. Administrasi lengkap, SDM lengkap, tapi lulusan masih belom sesuai harapan?
a. Pendekatan psikologi
b. Kualitas ruhiyah dan akhlak pengasuh.
-------------------------------------------------------------------------
Kelompok 1 : Standari Administrasi
1. Nomor surat
2. Penempatan logo
3. Seragam pegawai
4. Papan nama
Kelompok 2 : Standar manajemen
1. Pembagian mapel tahfidz dan Diniyah
2. Struktur kurikulum tahfidz
3. Profil lulusan
Kelompok 3 : Standar kurikulum diniyah
1. Kitab-kitab muqorror jenjang SMP-MA
2. Struktur kurikulum diniyah
3. Model pengabdian
4.
Komentar