Langsung ke konten utama

PELATIHAN MANAJEMEN MUDHIR PESANTREN TAHFIDZ

Standarisasi PIBT dan Pesantren Tahfiz Jawa Timur 

Unggul. 
Kalau sudah unggul pasti sudah standar

Mandiri
Kalau sudah mandiri, pasti sudah standar



Catatan penting

1. Wilayah wewenang (wewenang mudhir dan wakil, wewenang, kepala dan wakil, wewenang pengajar dan pengasuh). Misal
a. Wewenang mengubah atau merevisi tata tertib pesantren, SOP, dan aturan yang fungsinya mengikat semua orang (guru dan santri) 
b. Fungsi adanya struktur adalah adanya pembagian wilayah wewenang. Yang sangat nampak adalah wewenang antara tahfidz dan pengasuh. 
c. Overlap wilayah wewenang akan memunculkan chaos dan kekacauan informasi. Si A bilang A. Si B bilang B. Si C bilang C. 

Solusinya
1. Rapat adalah wadah dan media mengubah sebuah aturan atau menghapusnya
2. Rapat juga menjadi wadah mengkaji dan menginformasikan ke walisantri terkait perubahan aturan. 
3. Rapat adalah memutuskan siapa yang harus bicara dan tidak boleh bicara. 

2. Terkait musik yg boleh dan yg tidak boleh. 

3. Komunikasi internal dan eksternal. 
Group internal / WAG
4. 


Apa yang membuat kita merasa unggul? 



Branding
1. Warna harus paten
2. Font juga harus paten
3. Terus menerus
4. Tahfidz sudah umum. Harus ada brand penguat atau tambahan seperti leadership, enterpreneur ship, dll
5. Brand akan kuat kalau produknya bisa menyelesaikan masalah. Kalau produknya nambah masalah, maka untuk apa buat pesantren
6. Nama simple
7. Logo
8. Tagline 
9. GSM
10. Brand bisa dg personal dan corporate
11. Bukti produk
12. Warna seragam pengelola


Pengelolaan Asrama
1. Menjadi pengelola asrama harus bahagia. 
2. Konsep pesantren
3. SDM
4. Profil output
5. Tata tertib

------------------------------------------------------------------------
Kenapa kita memilih sistem boarding school? 
Padahal resikonya besar sekali? 

Jawabannya : 
1. Mengajarkan hidup dan kehidupan
2. Pesantren membina otak dan watak



Standar minimalis 
1. Ada pengasuh
2. Ada tata tertib
3. Jadwal kegiatan 24 jam
4. Ada profil lulusan. 

-------------------------------------------------------------------------
Kenapa sistem kita harus tertulis? 
1. Lembaga terbuka
2. Terbatasnya emosi karena banyak faktor
3. Info yg lengkap melahirkan kepercayaan dari masyarakat
4. 


--------------------------------------------------------------------------
1. Administrasi lengkap, SDM lengkap, tapi lulusan masih belom sesuai harapan? 

a. Pendekatan psikologi
b. Kualitas ruhiyah dan akhlak pengasuh. 

-------------------------------------------------------------------------
Kelompok 1 : Standari Administrasi
1. Nomor surat
2. Penempatan logo
3. Seragam pegawai
4. Papan nama

Kelompok 2 : Standar manajemen
1. Pembagian mapel tahfidz dan Diniyah
2. Struktur kurikulum tahfidz
3. Profil lulusan 

Kelompok 3 : Standar kurikulum diniyah
1. Kitab-kitab muqorror jenjang SMP-MA
2. Struktur kurikulum diniyah
3. Model pengabdian 
4. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅