Langsung ke konten utama

CIRI PEMIMPIN YANG BAIK

Pada tulisan kali ini saya akan coba menjelaskan dan menjabarkan ciri-ciri pemimpin yang baik. Tulisan ini juga tidak mencantumkan sumber dan referensi tertentu karena tulisan ini semacam paraphrase dari proses membaca dan pengalaman sehari-hari. 

Pada tulisan sebelumnya sudah dijabarkan istilah pemimpin, teori pemimpin, bekal menjadi pemimpin dan sebagainya. Maka tulisan kali ini fokus pada ciri-cirinya atau tanda-tandanya. 

Ciri atau tanda akan kita temukan dan dapatkan setelah kita melihat langsung, merasakan langsung dan berinteraksi langsung dengan si pemimpin. Baik melalui kesempatan formal maupun informal ataupun dari kebijakan yang diterapkannya. Tapi bisa juga kita melihat ciri-ciri pemimpin dari sebelum dia jadi pemimpin. Alias sudah ada tanda-tandanya atau sudah ada penampakannya. 

Dari beberapa referensi yang pernah saya baca dan simak, ciri-ciri pemimpin yang baik adalah sebagai berikut

1. Punya visi yang jelas
Pekerjaan utama seorang pemimpin itu adalah berfikir bagaimana caranya visi tersebut bisa tercapai. Maka wajar jika seorang pemimpin selalu berbicara tentang visi. Bahasa visi itu memang abstrak atau samar-samar. Maka ada seorang coach yang membuat plesetan atau candaan bahwa pekerjaan seorang pemimpin itu ngibul atau ngimpi. Jadi jangan heran dan kaget kalau bahasa seorang pemimpin itu selalu melangit atau tinggi kayak susah dijangkau. Karena memang di pundaknya dibebankan visi tersebut. 

Di beberapa lembaga atau organisasi sering kita lihat dan baca tentang visi misi sebuah lembaga atau organisasi. Yakni di-display. Itu bagus. Agar semua yang terlibat di dalamnya paham visi dan tujuan lembaga tersebut. Tapi idelanya visi itu bukan sekedar tulisan. Tulisan atau pernyataan visi itu hanya pengingat saja. 

Idealnya seorang pemimpin hafal luar kepala dan mampu menjabarkan visi tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami oleh timnya atau bahkan semua stakeholder nya. 

Yang paling parah adalah si pemimpin tidak tahu visi lembaganya. Atau juga tidak hafal. Tentu saja ini tanda yang kurang baik bagi si pemimpin jika tidak tahu visinya. Maka ciri yang paling pertama pemimpin yang baik adalah memiliki visi yang jelas. 

2. Menghadirkan rasa nyaman pada tim
Ini adalah ciri yang kedua. Yakni mampu memberi rasa nyaman kepada tim. Dari cara bicaranya bikin tim nyaman. Dari postingan atau statusnya juga bikin nyaman. Dan dari semua hal dari si pemimpin bikin semua nyaman. Termasuk jika ada tim yang berhasil diapresiasi. Dan jika gagal bukan malah dihujat, disalahkan dan disudutkan. 

Maka untuk bisa menghadirkan rasa nyaman ini seorang pemimpin harus sudah selesai dengan dirinya sendiri. 

3. Peduli


4. Hadir


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅