Langsung ke konten utama

MATERI TA'LIM PETUNG REJO TAKERAN MAGETAN

Bismillah 

Hari ini kita semua berkumpul di sini untuk sama-sama tholabul ilmi, menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang Dinul Islam. Semoga keistiqomahan kita semua membuahkan barokah dan maunah dari Allah SWT. 

Pagi ini kita akan mengkaji satu kitab yang berisi tentang nasehat dan mau'idhoh hasanah. Salah satu nasehat tersebut berbunyi sbb

خصلتان لا شيئ أفضل منهما : الايمان بالله والنفع للمسلمين

Artinya : ada dua perkara yang tidak ada yang lebih mengungguli keduanya yakni iman kepada Allah dan bermanfaat bagi kaum muslimin. 


Dan kebalikan dari keduanya yang di atas adalah 

خصلتان لا شيئ أخبث منهما : الشرك بالله والضر المسلمين

Artinya : ada dua perkara yang tidak ada yang lebih buruk dari keduanya yakni menyekutukan Allah dan berbuat jahat kepada orang lain. 

Dari kedua maqolah di atas ada banyak pelajaran penting yang bisa kita ambil sebagai bekal dalam kita hidup di dunia ini. 

Yang pertama : iman 
Apa itu iman? Secara bahasa iman bermakna percaya yakni percaya kepada Rabb penguasa dan pengendali kehidupan. 

Iman ini melahirkan sebuah pemahaman  bahwa ada sebuah kekuatan yang mengatur dan mengendalikan alam semesta ini. Sehingga kita tidak merasa sombong dan pongah dengan status kita hari ini ataupun merasa lemah dan hina dalam kehidupan ini. Sebab kuat dan lemah semua di atur dan dikendalikan oleh Allah SWT. 

Iman juga melahirkan sebuah kesadaran bahwa kita semua adalah hamba yang diatur dan dikendalikan oleh-Nya. Dan kita diberi tugas untuk mengabdi kepada Rabb Allah SWT. Inilah tugas pokok kita dalam kehidupan ini. 

Maka dengan kekuatan iman kita tidak perlu takut dan khawatir berlebihan  dengan apa yang belom terjadi atau apa yang akan terjadi. Ketakutan yang berlebihan inilah yang menyebabkan seseorang kena penyakit anxiety disorder. 

Maka di sini ada satu pelajaran penting agar kita terus melakukan pembiasaan yakni menjelang tidur kita bayangkan apa yang akan kita lakukan esok hari dan kemudian di pasrahkan itu semua kepada Allah SWT. Kemudian pas bangun tidur langsung bersyukur kepada Allah. Pokoknya ingat Allah dulu. Jangan yang lain. Spinning spirituality. 


Yang kedua : bermanfaat bagi orang lain
Bermanfaat di sini tidak harus dengan selalu memberi sesuatu. Bermanfaat itu bisa saja dengan tidak berbicara yang menghina atau merendahkan orang lain. 

Bermanfaat bagi orang lain bisa dgn perkataan, harta dan jabatan. 

Maka berbuat baik kepada orang lain itu merupakan hablum minan nas (hubungan sesama manusia). Dimana ketika kita menjadi saluran kebaikan maka kebaikan lainnya akan terus mengalir lewat diri kita. Termasuk rejeki. 

Maka memberi uang kepada anak atau istri atau kepada orang lain harus sudah mulai kita ubah mindset kita. Jangan beranggapan mereka hanya pandai habisin duit 😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅