Langsung ke konten utama

KHUTBAH JUMAT 24 MUHARRAM 1445 H

Khutbah jumat 24 Muharram 1445 Hijriyah

Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah hari ini kita diberi banyak sekali nikmat dan karunia yang dengan nikmat-nikmat tersebut semua kita bisa hadir memenuhi panggilan Allah SWT dan kita bisa bekerja dan beraktivitas lainnya. 

Kesyukuran kita bertambah penting. Lebih-lebih di zaman seperti saat ini. Zaman yang penuh dengan berbagai macam kerusakan. Utamanya kerusakan moral. 

Hal yang membuat kita wajib bersyukur karena di tangan kita masih ada al Qur'anul karim. 

Al Quran adalah kalamullah yang diturunkan kepada umat manusia sebagai pedoman dan petunjuk dalam kehidupan ini sebagaimana Allah SWT tegaskan di dalamnya 

ذالك الكتاب لا ريب فيه. هدى للمتقين

Al Quran ini tidak ada keraguan di dalamnya dan merupakan petunjuk bagi kaum muslimin. 

Karena Al Quran merupakan petunjuk atau pedoman, maka kita sebagai umat muslim harus membacanya, mengkajinya dan menelaahnya. Lebih-lebih di era digital seperti saat ini dimana HP sudah bisa ada al Quran. Baik yang hanya berisi al Quran, ataupun berisi al Quran plus terjemah, atau berisi al Quran plus terjemah dan lainnya. 

Sudahkah kita tilawah al Quran hari ini? 

Salah satu petunjuk al Quran adalah tentang standar nilai dalam hidup ini. Allah SWT berfirman

الذي خلق الموت والحيوة ليبلوكم أيكم أحسن عملا

Dialah Allah yang telah menciptakan mati dan hidup untuk menguji kalian siapakah yang paling baik amal perbuatannya. 

Ayat ini sering kita dengar di beberapa kesempatan yang intinya adalah memberi petunjuk kepada kita tentang tujuan kita hidup di dunia ini yakni berlomba-lomba menjadi pribadi yang paling baik amal perbuatannya. Dalam kitab tafsir dikatakan paling ikhlas atau murni amal perbuatannya. 

Ayat di atas juga diperkuat dengan hadits Nabi SAW sbb

 عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( المؤمن يألف ويؤلف ولا خير فيمن لا يألف ولا يؤلف وخير الناس أنفعهم للناس) رواه الطبراني في الأوسط ، وفي رواية من حديث ابن عمر رضي الله عنهما: أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : ( يا رسول الله ! أي الناس أحب إلى الله ؟ فقال : أحب الناس إلى الله أنفعهم للناس، وأحب الأعمال إلى الله عز وجل، سرور تدخله على مسلم، تكشف عنه كربة، أو تقضي عنه دينا، أو تطرد عنه جوعا، ولأن أمشي مع أخ في حاجة، أحب إلي من أن أعتكف في هذا المسجد، يعني مسجد المدينة شهرا...)  رواه الطبراني في الأوسط والصغير .

Dari keduanya yakni ayat dan hadits diatas kita dapat menarik satu kesimpulan bahwa dihadirkannya kita dalam kehidupan memiliki satu tujuan yakni menjadi pribadi yang selalu memiliki orientasi hidup menjadi yang terbaik dalam ala perbuatan dan menjadi yang paling bermanfaat bagi orang lain. 

Dalam kitab nashoihul ibad dijelaskan bahwa 


Maka dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa tujuan kita hidup ini adalah untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam amal perbuatan kita atau menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. 

Namun demikian ada satu hal penting yang harus kita ingat-ingat terus yakni terkait niat. Sebaik apapun sebuah amal perbuatan jika buka  karena Allah, maka amal tersebut akan sia-sia belaka. 

Mari kita ingat nasehat berikut

كم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة صار عمل الدنيا بسوء النية

وكم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا صار عمل الآخرة بحسن النية

Maka sebelum kita melakukan sebuah amal perbuatan ada baiknya kita selalu mengecek niat kita. Sehingga amal perbuatan kita diterima oleh Allah SWT. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅