Langsung ke konten utama

SEPUTAR KATA HIJRAH

Akhir tahun Hijriah yakni bulan Dzulhijjah adalah moment penting untuk melakukan muhasabah atau evaluasi baik level pribadi, keluarga, komunitas maupun organisasi dan jemaah. Untuk selanjutnya merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan  untuk menyongsong tahun baru atau waktu yang akan datang. 

Bagi kaum muslimin bulan Dzulhijjah adalah moment untuk melakukan muhasabah itu dan untuk selanjutnya merumuskan langkah-langkah yang akan diupayakan oleh kaum muslimin untuk mengubah kondisi ke arah yang lebih baik. 

Tema-tema yang berkaitan dengan perubahan diri atau organisasi banyak tersebar dalam al Qur'an. Ada satu kata atau kalimat dalam istilah ilmu Nahwunya yakni kata hijrah. Kata ini berasal dari susunan huruf ه، ج، ر. Dan dari kata ini muncul beberapa kosakata baru dengan makna baru yang tentunya berkaitan dengan kata hijrah itu sendiri. 

1. Kata مهاجرين dan مهاجرات
Dua kata di atas sudah sering kita dengar dan kita baca. Apalagi jika membahas tema perjuangan dan dakwah Nabi SAW di kota Mekkah dimana para sahabat yang beriman baik dari kalangan laki-laki maupun perempuan disebut dengan muhajirin (مهاجرين ). 

Disebut muhajirin karena mereka adalah orang-orang yang ikut hijrah atau pindah bersama Mabi SAW dari Mekkah ke Yatsrib atau MadinahMadinah dan mereka tetap beriman kepada Kerasulan Nabi Muhammad SAW. Hanya saja dari kedua kata tersebut yang paling populer adalah kata muhajirin bukan muhajirat. Walaupun keduanya sama-sama ikut pindah ke Madinah mengikuti Nabi Muhammad SAW. 

2. Kata هاجر dan يهاجر
Kata ini adalah kata turunan dari kata هجر  yang ikut wazan فاعل  yang fungsi utamanya adalah bermakna saling (المشاركة بين اثنين ). Sighat kata ini adalah fiil mudhori' yang bermakna continuous atau terus menerus. 

Kata ini lumayan banyak dalam al Quran. Selain banyak, kata ini sering beriringan dengan kata جاهد  yang bermakna sungguh-sungguh dan bersabar. Dengan ketiga bekal tersebut maka Allah SWT akan memberikan karunia atau nikmat yang banyak dan berlimpah kepada mereka yang hijrah, bersungguh-sungguh dan bersabar dalam memperjuangkan agama Allah SWT. 

3. Kata اهجر / uhjur
Kata ini juga turunan dari kata hijrah. Sighatnya adalah fiil amr yang bermakna perintah. Sepengetahuan saya ada tiga kata yang berkaitan dengan kata اهجر  sebagai berikut
a. Sikap menahan diri 
Terkait hal ini kita bisa membaca dan mengkajinya dalam al Quran surah al Muzzammil sbb
واهجرهم هجرا جميلا

Artinya: dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik. 

Dalam tafsir as-Sa'dy dijelaskan agar Nabi SAW menjauhi atau meninggalkan mereka yang mendustakan risalah beliau SAW dengan cara yang baik. Sebab saat periode Mekkah Nabi SAW dan kaum muslimin dalam kondisi lemah, maka Allah SWT memberikan petunjuk agar meninggalkan mereka dengan cara yang baik. 

b. Problematika rumah tangga
Al Quran juga menggunakan kata اهجر dalam kaitannya dengan problematika rumah tangga. Kita tahu bahwa tidak selamanya hubungan rumah tangga adem ayem, aman tentram dan sejahtera. Akan selalu ada riak dan problem yang akan selalu muncul sebagai bumbu dalam membangun rumah tangga. 

Maka Allah SWT memberikan petunjuk dalam penyelesaian masalah rumah tangga dengan tahapan yakni 1. Memberi nasehat kepada Istri, 2. Menjauhi istri atau tidak mendekatinya, 3. Memukul dengan pukulan yang tidak menciderai, dan yang ke 4. Mengutus hakim dari kedua belah pihak jika ikatan rumah tangga keduanya sudah sulit untuk dipertahankan. 

c. Dialog perpisahan antara Nabi Ibrahim as dengan bapaknya
Dalam surah Maryam, Allah SWT mengisahkan salah satu potongan dialog antara Nabi Ibrahim as dengan Bapaknya Azar sbb

قال أراغب أنت عن ألهتي يا إبراهيم. لئن لم تنته لأرجمنك واهجرني مليا

Artinya: Azar berkata "Apakah engkau benci dengan tuhan-tuhanku wahai Ibrahim? Jika engkau tidak berhenti niscaya aku akan merajammu dan tinggalkanlah aku selamanya. 

4. Kata مهجورا
Kata ini terdapat dalam al Quran yang menjelaskan tentang sikap sebuah kaum yang menjadikan al Quran sebagai penghalang. Ayat tersebut berbunyi

وقال الرسول يا رب إن قومي اتخذوا هذا القرآن مهجورا
Artinya: dan Rasulullah (Mohammad) berkata sesungguhnya kaumku telah menjadikan al Quran terabaikan. 

Dalam tafsir as Sa'dy dijelaskan bahwa bentuk atau cara mereka mengabaikan al Quran adalah sebagai berikut
1). Tidak mendengarkan al Quran ketika dibaca
2). Tidak mengilmui al Quran
3). Tidak menghafal al Quran
4). Tidak mengimani dan membenarkan al Quran
5). Tidak mentadabburi dan tidak memahami al Quran
6). Tidak mengamalkan al Quran
7). Tidak melaksanakan perintah al Quran dan tidak menjauhi larangan al Quran
8). Mengubah al Quran menjadi perkataan yang melalaikan seperti syair, lelucon dan yang semakna. 

Kesimpulan
Dari paparan di atas dapat kita tarik beberapa kesimpulan sebagai berikut
1. Term hijrah akan selalu relevan di setiap tempat dan waktu. Sebab term ini bersifat umum. Hijrah yang bisa dimaknai dengan perubahan akan selalu ada dan terjadi sepanjang kehidupan manusia masih berlangsung. 

2. Term hijrah adalah term yang awalnya bermakna umum yakni bermakna perubahan itu sendiri. Namun. Kemudian menyempit menajdi makna khusus yakni perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain dan kemudian menjadi makna umum kembali

3. Perubahan akan selalu terjadi baik pada level individu, komunitas maupun organisasi. Sehingga sebagai insan berakal term ini harus selalu disegar-segarkan. 

Semoga bermanfaat🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅