Langsung ke konten utama

SEPUTAR HURUF ق، ر ب

Baik brother and sister

Kali ini saya akan mengulas seputar kata kurban. Berikut beberapa ayat yang merupakan turunan dari ketiga huruf ق، ر ب. Dari ketiga huruf ini ada tiga redaksi ayat dalam al Qur'an yang tersusun dari ketiga huruf tersebut. 

1. Kata qorib atau قريب
Dalam al Qur'an ada ayat yang menyitir kata tersebut. Yakni sebuah ayat setelah ayat tentang perintah puasa sebagai berikut

وإذا سألك عبادي عني فإني قريب

Artinya: dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang aku. Maka sesungguhnya Aku sangat dekat. 

Jadi ketiga huruf di atas bisa melahirkan 
u kata yang bermakna sangat dekat atau قريب. Kata ini kemudian diserap oleh Bahasa Indonesia dan menjadi karib. Seperti ungkapan "teman karib" yakni teman dekat. 

2. Kata Akrab atau أقرب
Kata aqrab atau akrab juga berasa dari ketiga huruf di atas. Namun dengan bentuk yang berbeda. Biasanya masuk dalam pembahasan comparatif degree atau kalau dalam bahasa Arab dikenal dengan isim tahdhil (اسم التفضيل). 

Dalam al Qur'an kita bisa menemukan kata yang sama dengan kata aqrab sebagaimana ayat berikut. 

Di surah Qaaf 
ونحن أقرب إليه من حبل الوريد

Artinya: dan kami lebih dekat kepada manusia daripada urat nadinya. 

Di surah lain 
اعدلوا. هو أقرب التقوى

Artinya: adillah kalian. Sesungguhnya adil lebih dekat dengan takwa. 

3. Kata Qurban atau kurban
Dari ketiga huruf di atas juga lahir kata baru yang ikut wazan fu'lanan (فعلانا). 

Kata ini bisa kita temui dalam kisah Habil dan Qabil sebagaimana ayat berikut

إذ قربا قربانا فتقبل من أحدهما ولم يتقبل من الآخر

Artinya: ketika keduanya mengajukan kurban, maka salah satunya diterima dan salah satunya ditolak. 

4. Qurbah dan Qurubat / قربة وقربات
Dalam surah at Taubah ayat 99 Allah SWT juga mengisahkan tentang orang-orang Arab Badui yang mengimani Nabi Muhammad SAW dan menjadikan apa yang mereka infakkan sebagai pendekatan kepada Allah SWT. 

Dan Allah SWT menjanjikan mereka untuk masuk dalam rahmat-Nya. 

5. Kata قربى
Kata قربى adalah masdar dari kata قرب yang bermakna dekat secara nasab dan pertalian rahim. 

6. Kata أقربين
Kata ini juga muncul dalam al Qur'an yang membahas tema berbuat baik kepada kaum kerabat. 

Jadi, dari keenam kata tersebut relfleksi apa atau korelasi apa yang bisa kita simpulkan? 

Kalau dari saya kira-kira begini kesinpilannya bahwa jika kita ingin dekat banget sama sesuatu, maka kita harus berkorban. 

Jika ingin dekat dengan seseorang, maka kita harus berkorban baik materi, maupun non materi. Termasuk perasaan 😁😁😁

Jika kita ingin dekat dengan Allah, maka Allah sudah sediakan medianya. Ada sholat, puasa, baca qur'an, zikir dan lain sebagainya. 

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅