Langsung ke konten utama

PROFIL KELUARGA NABI IBRAHIM AS

Bismillah

Setiap orang mengimpikan memiliki pasangan yaang sholeh dan sholehah dan membangun keluarga yang bahagia, harmonis, aman tentram dan jauh dari berbagai macam problema. Seandainya pun ada problema, harapannya masih bisa diselesaikan dengan baik tanpa merugikan kedua belah pihak. 

Namun akhir-akhir ini dan entah karena faktor apa. Betapa sering kita melihat dan menyaksikan berbagai macam problema keluarga. Mulai maraknya perceraian, perselingkuhan, KDRT. Bahkan lebih mirisnya lagi ada sebagian yang berujung pada pembunuhan. 

Kondisi ini benar-benar membuat miris hati. Dan menimbulkan tanda tanya besar di benak keluarga yang sehat dan baik. Apa sebenarnya yang menajdi faktor penyebab semua peristiwa itu? 

Tentu saja itu adalah potret kecil dari sekian banyak problem yang akan selalu ada dan dijadapi oleh pasangan suami istri. Namun demikian masih banyak potret keluarga yang baik yang bisa diteladani, bisa ditiru. Mereka ada di sekitar kita. Mereka ada di kanan kiri kita. Keluarga yang bahagia dan harmonis. 

Pun demikian Allah SWT juga menghadirkan contoh atau potret keluarga yang diridhoi oleh Allah. Allah abadikan potret tersebut dalam al Qur'an agar kita kaum muslimin dan manusia semuanya menelaah, membaca dan merenungi nilai-nilai yang menopang dan menjaga kebahagiaan dan keharmonisa keluarga mereka. Salah satunya adalah keluarga Nabi Ibrahim as. 

Bisa kita renungkan bersama ketika sholat pada saat tasyahhud akhir kita bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Demikian juga kita  bersholawat kepada Nabi Ibrahim as dan keluarganya. 

Sejenak dari pembacaan sholawat di atas ada keutamaan dan kemuliaan pada keluarga Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Ibrahim as. 

Beberapa nilai atau pondasi keluarga Nabi Ibrahim as sebagai berikut

1. Tauhid
Nabi Ibrahim as menjadikan nilai-nilai tauhid sebagai pondasi dan nilai utama dalam membangun keluarga. Hal ini Allah SWT tegaskan dalam al Qur'an surah Ibrahim sebagai berikutا
واجنبني وبني أن نعبد الأصنام

Artinya : dan jauhkanlah aku dan anak keturunanku dari menyembah kepada berhala. 

Ayat di atas memang tidak secara langsung menyebutkan keluarga secara literlek. Namun demikian penyebutan diri Nabi Ibrahim as dan anak keturunan beliau as menyiratkan makna keluarga. 

2. Sholat
Sholat merupakan ibadah paling utama. Sampai-sampai Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa pembeda antara muslim dan kafir adalah sholat. Sebab amaliah yang lain sama-sama dilakukan oleh non muslim. 

Muslim berdoa, non muslim juga berdoa. Muslim berinfak dan bersedekah. Non muslim juga berinfak / berderma dan bersedekah. Muslim membantu sesama. Non muslim juga membantu sesama. Muslim sholat. Non muslim tidak sholat. 

Sholat merupakan  ibadah khusus dengan ketentuan khusus mulai dari waktu, tata cara hingga syarat dan rukunnya. 

Maka membina keluarga sholat harus menjadi nilai-nilai utamanya. Sampai-sampai ada sebuah ungkapan "kalau Allah saja di lupakan, maka bagaimana selain Allah? ". Ungkapan itu mengisyaratkan betapa Allah adalah sentral dan segala-galanya. 

3. Akhlak mulia
Membangun rumah tangga atau keluarga juga harus dilandasi dengan akhlak yang mulia. Hubungan antara suami istri, orangtua dan anak harus dilandasi akhlak juga. Sebab akhlak yang baik adalah hiasan bagi siapapun. Tidak ada orang yang tidak suka dengan pribadi yang berakhlak mulia. 

Ketiga nilai atau pondasi tersebut harus senantiasa dijaga. Tentu saja ada juga nilai-nilai lain yang juga menjadi penopang kebaikan dan kebahagiaan keluarga. Dan kita bisa belajar dari lingkungan sekitar kita. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅