Langsung ke konten utama

PERCAYA DIRI

Saya sudah mulai sedikit menemukan makna-makna penting dari pelajaran hidup dan kehidupan ini. Salah satunya adalah adanya berbagai macam problem dan solusi penyerta yang menjadi satu kesatuan antara keduanya. 

Pernah terjadi pada diri saya sebuah kondisi yang benar-benar membuat kepercayaan diri saya hampir rata dengan tanah. Berbagai macam hantaman masalah baik yang bersumber dari inernal diri saya maupun dari eksternal orang lain dan lingkungan sekitar saya. Bahkan pernah sampai pada posisi dan kondisi saya tidak memiliki harapan dan masa depan. Saya tidak mampu menemukan solusi. Saya benar-benar berada di titik terendah dari kepercayaan diri saya. Benar-benar sebuah kondisi yang sangat kontras dengan diri saya. 

Dulu-dulu saya tidak mengenal kamus menyerah, kalah dan putus asa. Namun beberapa masalah yang saya hadapi menghapus semua kepercayaan diri tersebut. 

Seperti biasa karena saya seorang muslim. Saya hanya bisa pasrah, saya hanya bisa berdoa dan banyak-banyak merenung. Saya lebih banyak melihat ke dalam diri saya. Dan mencoba melupakan kesalahan  dan kekurangan orang lain. 

Hingga sampai pada satu kondisi dan satu kesimpulan dan memang kesimpulan itu adalah inti dari keimana  bahwa tak ada yang terjadi dalam kehidupan ini yang tanpa rencana dan kendali Allah SWT. Yang kita lihat enak itu dari Allah. Yang kita lihat tidak enak atau susah itu juga dari Allah. Sama dengan hidup dan mati adalah Allah yang ngatur. Bukan saya. Bukan saya. Bukan saya. Itulah renungan atau semacam kesimpulan yang saya dapati dari renungan di sela-sela ibadah dan berdoa. 

Renungan dan kesimpulan itu mulai memunculkan kepercayaan diri saya. Bahwa tugas saya adalah berusaha semampu saya. Semuanya akan ditentukan oleh Allah hasilnya. Bukan saya. Saya tidak boleh mendikte Allah. 

Yang harus saya perbaiki dan luruskan pada diri saya adalah lakukan semuanya karena Allah. Bukan karena yang lain. 

Memang dari renungan itu saya mulai menemukan bibit kesombongan, kepongahan dan keangkuhan pada diri saya. Dan saya sadar semua itulah yang akan menghancurkan saya. 

Alhamdulillah Allah menyadarkan saya dengan mendatangkan macam-macam cobaan yang semua itu menjadikan saya harus tunduk dan patuh pada ketentuan Allah. 

Alhamdulillah. Saya mulai percaya diri. Saya mulai berani. Dan sejak awal saya sudah berusaha menjauhkan diri dari hal-hal yang syubhat sehingga saya merasakan kesadaran ini sangat cepat Allah munculkan pada diri saya. 

Semoga Allah selalu melindungi saya dan keluarga saya serta lembaga yang sedang saya mengabdi di dalamnya. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅