Langsung ke konten utama

MARAH DAN EMOSI SAAT BERPUASA


Marah dan emosi adalah dua kata yang sudah akrab di telinga kita. Sebab kita terkadang marah dan juga emosi ketika menghadapi sebuah kondisi tertentu dan orang tertentu. Kadang kita juga melihat dan menyaksikan orang-orang di sekitar kita marah dan emosi ketika berhadapan dengan kondisi tertentu.

PENGERTIAN MARAH
Secara bahasa kata marah merupakan terjemahan dari kata الغضب. Kata lain yang semakna dengan kata di atas adalah السخط dan الغيظ. Walaupun keduanya memiliki titik tekan makna yang berbeda-beda. 

Secara istilah marah adalah perubahan dalam diri atau emosi yang dibawa oleh kekuatan dan rasa dendam demi menghilangkan gemuruh di dalam dada. 

Diantara penyebab seseorang marah
A. Faktor internal
1. Manajemen stress yang buruk
Ada banyak hal yang bisa menekan seseorang. Semisal orang tersebut bekerja secara tim atau grup, terkadang gosip kantor, manajemen pengelolaan tugas dan pekerjaan bisa sajaembuat seseorang stres dan berujung pada suka marah. 

2. Pengelolaan waktu
Ramadhan mengajar kan kita manajemen waktu yang baik. Sebab semua orang diberi  waktu yang sama yakni 24 jam. Hanya saja ada yang mampu mengelola dan memanfaatkan waktunya dengan baik. Pekerjaan bisa tuntas dan tepat waktu. Pekerjaan tidak numpuk-numpuk apalagi tertunda. 

3. Hasrat yang tidak tersalurkan
Hasrat atau seks yang tidak tersalurkan akan menyebabkan seseorang marah. Bahkan marah tanpa diketahui penyebabnya. Maka bagi seorang suami atau istri harus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dg baik. Sedangkan yang belom berkeluarga solusinya adalah puasa itu sendiri. Karena puasa bisa menjadi obat. 

B. Faktor eksternal
Diantara faktor eksternal yang bisa menyebabkan seseorang marah adalah hubungan dengan kedua orang tua, saudara, teman sebaya, rekan dan mitra kerja dan masyarakat luas. 

Apa yang terjadi ketika kita marah?
Ketika marah terjadi, tubuh langsung mengalami serangkaian reaksi yang melibatkan hormone, system saraf dan otot. Tubuh melepaskan adrenalin yang membuat nafas sesak, kulit memerah, otot tegang, rahang mengencang, termasuk perut , bahu dan tangan.

Macam-macam Marah
Marah ada dua macam yakni marah yang terpuji dan marah yang tercela. 

Marah yang terpuji adalah marah yang dilakukan dalam rangka membela diri, kehormatan, agama, hak-hak umum, dan menolong orang yang terzholimi. 

Sedangkan marah yang tercela adalah marah yang dilakukan untuk balas dendam untuk diri sendiri. 

Apa yang harus dilakukan untuk mengendalikan amarah? 
1. Meminta perlindungan kepada Allah
2. Membaca istighfar
3. Diam
4. Mengambil posisi yang lebih rendah saat marah, dan lain sebagainya. 

Komentar

eL_lathief mengatakan…
Banyak banyak istighfar dan menahan diri agar amarahnya bs terkendali meski terasa sesak dihati....

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅