Langsung ke konten utama

SYUKUR DAN INGKAR NIKMAT


Sudahkah kita bersyukur hari ini? Mungkin kita akan menjawab "alhamdulillah hari ini saya sudah bersyukur atas karunia dan nikmat Allah SWT. 

Secara bahasa kata شكور berasal dari kata شكر يشكر شكرا yang bermakna berterima kasih. 

Dalam pengertian yang lain syukur bisa kita maknai dengan pengakuan atas kebaikan yang diberikan orang lain kepada diri kita baik langsung ataupun tidak langsung. 

Seseorang akan berterima kasih kepada orang lain apabila
1. Ia dibantu oleh orang lain sehingga urusannya jadi mudah dan lancar serta selesai
2. Ia menerima sesuatu dari orang lain baik berupa barang ataupun jasa 
3. Ia dinasehati oleh orang lain sehingga ia selamat dari sebuah masalah atau musibah. 

Dan kebalikan dari syukur adalah kufur. Kata كفور berasal dari kata كفر يكفر كفرانا كفايا كفرا yang bermakna menutupi. 

Istilah lain dari kufur adalah ingkar yang bisa kita maknai bahwa seseorang tidak mau mengakui atau enggan mengakui kebaikan atau bantuan dan pertolongan orang lain kepada diri kita. 

Dari dua pengertian tersebut di atas definisi dari keduanya tersimpul dalam dua kata yakni pengakuan untuk kata syukur. Dan pengingkaran untuk kata kufur. 

CARA AGAR MUDAH BERSYUKUR
Islam memberikan kita pedoman atau panduan agar kita mudah bersyukur sebagaimana ungkapan berikut

"Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dalam urusan dunia, niscaya kamu akan mudah bersyukur. Dan lihatlah kepada orang yang ada di atasmu dalam urusan agama, agar kamu bersemangat dalam beribadah".

DALIL WAJIBNYA BERSYUKUR
Bersyukur termasuk ibadah kepada Allah SWT. Walaupun Allah tidak butuh syukur hamba-Nya. 

Banyak sekali dalil yang termaktub dalam al Quran terkait wajibnya bersyukur sbb
1. Al Baqarah : 52
واشكروا لي ولا تكفرون
Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kalian mengkufuri Aku".

2. Surah al Qoshosh : 73

وَمِنْ رَّحْمَتِهٖ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوْا فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Berkat rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang agar kamu beristirahat pada malam hari, agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari), dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.


ANCAMAN BAGI ORANG KUFUR NIKMAT
1. Surah Ibrahim 
ولئن كفرتم إن عذاب لشديد
Dan jika kalian kufur maka sesungguhnya siksa-Ku sangat pedih

2. Hadits
من لم يشكر الناس لم يشكر الله
Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia maka sejatinya dia tidak bersyukur kepada Allah 

Kesimpulannya
1. Orang yang pandai bersyukur adalah orang yang tahu diri. Sebab manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga ia tetap butuh bantuan dan pertolongan orang lain. 

2. Orang yang pandai bersyukur adalah orang yang memiliki iman yang kokoh. Sebab ia meyakini bahwa semua yang datang dan pergi dari-Nya adalah atas ketentuan Allah SWT. 

3. Orang yang pandai bersyukur adalah orang yang nrimo alias tidak rakus. Ia tahu porsi kebutuhannya. Bukan porsi keinginannya yang notabene dilandasi nafsu

Pertanyaan
1. Kita tidak mungkin mengingat semua 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅