Langsung ke konten utama

TEORI DAN PILAR PENDIDIKAN

Teori pendidikan
Kurikulum mempunyai hubungan yang sangat erat dengan teori pendidikan. Karena penyusunan kurikulum mengacu pada satu atau beberapa teori kurikulum dan suatu teori kurikulum dijabarkan dari teori pendidikan tertentu. Kurikulum dapat dipandang sebagai rencana kongkrit penerapan dari suatu teori pendidikan. untuk lebih memahami hubungan kurikulum dengan pendidikan, dikemukakan beberapa teori pendidikan dan model konsep kurikulum dari masing-masing teori. Ada empat teori pendidikan yang banyak dibicarakan oleh para ahli pendidikan  dan dipandang mendasari pelaksanaan pendidikan, yaitu sebagai berikut (Nana Syaodih Sukmadinata, 1997:7): pendidikan klasik, pendidikan pribadi, teknologi pendidikan, dan pendidikan interaksional.

A. Pendidikan Klasik (Classical Education)
1. Pendidikan merupakan alat untuk memelihara dan mewariskan kebudayaan 
2. Pengetahuan sudah ada. Sehingga model pengembangan kurikulum bersifat subjek akademis.
3. Tugas guru hanya mengajarkannya. Tugas guru lebih dominan.
4. Siswa bertugas untuk menyimak dan menerima penjelasan guru. Siswa pasif. Hanya jadi pendengar saja.
5. Menekankan pada isi daripada proses. 
6. Contoh pendidikan Klasik adalah Pesantren salaf dimana para santri mempelajari kitab-kitab yang sudah disusun secara sistematis oleh para ulama' dan para santri mempelajarinya sebagai upaya melestarikan ilmu-ilmu tersebut. Model pendidikan salaf menjadikan guru sebagai sentral dan pusat ilmu.
7. Teori pendidikan klasik berlandaskan pada filsafat pendidikan eksistensialisme, perennialisme, dan essensialisme.
8. Model pengembangan kurikulumnya adalah subjek akademis.
9. Kurikulum subjek akademis adalah model kurikulum paling tua. 
10. Ada beberapa pola organisasi isi (materi pelajaran) dalam kurikulum subjek akademis yaitu : correlated curriculum, concentrated curriculum, integrated curriculum dan problem solving curriculum.

B. Pendidikan Personal
1. Anak sejak lahir sudah memiliki potensi tertentu
2. Pendidikan berfungsi mengembangkan potensi tersebut dengan peserta didik sebagai aktor utamanya
3. Pendidikan Personal merupakan pendidikan humanis.
4. Siswa menjadi aktor utama. Sedangkan guru menjadi pendorong dan fasilitator.
5. Teori ini memiliki dua aliran yakni aliran progresif (Francis Parker dan John Dewey). Dan aliran romantik (J.J. Rousseau)
6. Model pengembangan kurikulumnya adalah kurikulum humanistik.

C. Teknologi Pendidikan
1. Mirip dengan pendidikan Klasik
2. Memuat pendidikan vokasional yang dapat segera dipakai dan dimanfaatkan di masyarakat
3. Penerapannya lebih banyak tugas pengelolaan daripada penyampaian materi
4. Model pengembangan kurikulumnya adalah kurikulum kompetensi 

D. Pendidikan Interaksional
1. Manusia sebagai makhluk sosial
2. Menekankan interaksi antara pembelajar dengan sumber belajarnya
3. Berisi pemahaman eksperimental
4. Filsafat rekonstruksi sosial menjadi landasan teori pendidikan interaksional ini. Hal ini berarti pula bahwa tujuan pendidikannya adalah untuk mempersiapkan peserta didik agar siap dan mampu menghadapi segalam macam problematika sosial yang terjadi sekaligus memiliki kemampuan bekerjasama mencari solusi atas problematika tersebut.
5. Model pengembangan kurikulumnya adalah kurikulum rekonstruksi sosial.

E. Pilar pendidikan
Pilar-pilar pendidikan ini dicetuskan oleh UNESCO yakni sebuah organisasi dari Perserikatan Bangsa-bangsa yang berfokus pada dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Pilar-pilar pendidikan antara lain adalah
1. Learning to know
2. Learning to Do
3. Learning to Be
4. Learning to life together
5. Learning how to learn

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅