Langsung ke konten utama

APERSEPSI

Bagi seorang guru kata ini merupakan katanyang sangat sering dan familiar dalam kamus pekerjaannya. Apersepsi berkaitan erat dengan pengkondisian awal ketika proses belajar mengajar akan dimulai. 

Apersepi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menarik perhatian peserta didik supaya fokus pada ilmu atau pengalaman baru yang akan disampaikan oleh Guru.

Dengan melakukan Apersepsi, Guru dapat lebih memastikan jika peserta didik sudah siap dalam menerima pembelajaran. Ketika anak masuk ke dalam kelas belum tentu di benaknya itu di kelas atau belajar. Di kelas, di pikirannya masih ada bermain game, bermain bersama temannya, chatting dengan teman-temannya di Group WA atau waktu yang dihabiskan pada saat istirahat di luar kelas.

Apersepsi merupakan penentu sukses atau tidaknya pembelajaran yang akan berlangsung dalam sebuah sesi KBM. Maka seorang guru harus benar-benar memanfaatkan moment ini agar KBM berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Diantara apersepsi yang bisa dilakukan adalah

1. Salam

Salam bukan sekedar basa basi. Maka ketika seorang guru mengucapkan salam, usahakan dengan intonasi yang maksimal dan penuh semangat. Jangan mengucapkan salam sekedarnya atau formalitas semata. 

Tatkala di dapati para siswa belom menjawab salam dengan penuh semangat, maka guru wajib mengulanginya hingga dua atau bahkan tiga kali sebagaimana sunnahnya memang demikian. 

Salam adalah energi positif yang harus dialirkan oleh seorang guru kepada para siswanya. Maka seorang guru harus semangat karena guru sebagai sumber energinya. Bisa dibayangkan jika seorang guru mengucapkan salam tanpa semangat alias loyo, maka para siswa pun bisa loyo juga. 


2. Mengabsen

Mengabsen juga adalah hal yang biasa. Sudah sering. Anaknya itu-itu saja. Namun ada hal yang penting dalam mengabsen yakni memastikan bahwa siswa yang dipanggil namanya bener-bener ada. Lebih spesifik lagi pada saat mengabsen, seorang guru harus menatap wajah yang bersangkutan. Tatapan ini tentu akan memberikan kesan bahwa siswa tersebut dianggap dan dihargai kehadirannya. 

3. Menanyakan kabar

Tentu saja tidak harus satu-satu ditanya kabarnya. Bisa secara umum dan guru juga bisa menanyakan kabar siswa tertentu berdasarkan hasil pengamatan guru. 

Menanyakan kabar akan memberikan dampak psikologis bahwa guru perhatian dan peduli dengan para siswa. 

4. Memancing ingatan 

Setelah melakukan 3 hal di atas barulah seorang guru mulai mengaitkan pertanyaannya dg materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Hal ini sebagai informasi awal bagi guru terkait tingkat kepahaman siswa pada materi yang sudah diajarkan sebelumnya. 

5. Masuk materi inti

Inilah kegiatan intinya. Semua guru sudah mafhum dengan kegiatan inti ini. 


Selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅