السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Apakah setiap rowi daripada imam qiroat asyroh mengambil langsung kepada imam nya (qori')
1.Imam Nafi' Al Madani memiliki dua rowi namanya qolun dan warsy , imam Qolun dan Warsy mengambil langsung dari imam Nafi' tanpa adanya perantara
Dengan dalil dari matan syatibiyyah
وقالون عيسى ثم عثمان ورشهم بصحبته المجد الرفيع تأثلا
2.Imam Ibnu Katsir Al Makki memiliki dua rowi Bazzi dan Qunbul , imam Bazzi dan Qunbul tidak mengambil langsung dari imam Ibnu Katsir melainkan melalui beberapa perantara nya
Dalilnya dari matan syatibiyyah :
على سند وهو ملقب قنبلا
3.Imam Abu Amr Al Bashry memiliki dua rowi Duri dan Susi , mereka berdua tidak mengambil langsung dari imam Abu Amr Al Bashry melainkan melalui satu perantara yaitu Yahya Ibnu Mubarok atau terkenal dengan Yahya Al Yazidy
Dalilnya dari matan syatibiyyah :
أفاض على يحي اليزيدي سيبه
4.Imam Ibnu Amir Asy syami memiliki dua rowi Hisyam dan Ibnu Dzakwan , mereka berdua tidak mengambil langsung dari imam Ibnu Amir Asy syami melainkan melalui beberapa perantara
Dalilnya dalam matan syatibiyyah :
لذكوان بالإسناد عنه تنقلا
5.Imam Ashim Al kufi memiliki dua rowi Syu'bah dan Hafs, mereka mengambil langsung dari Imam Ashim,dikatakan bahwasanya imam Hafs adalah anak tiri nya imam Ashim
6.Imam Hamzah Al kufi memiliki dua rowi kholaf dan khollad , mereka berdua tidak mengambil langsung dari imam Hamzah melainkan melalui satu perantara yaitu Sulaim
Dalilnya dari matan syatibiyyah :
رواه سليم متقنا و محصلا
7.Imam Kisai Al kufi memiliki dua rowi Abul Harits dan Duri Al kisai (rowi daripada imam Abu Amr juga), mereka berdua mengambil langsung dari Imam Kisai
Dan 3 sisanya dari Durroh :
8.Imam Abu Ja'far Al Madani memiliki dua rowi Ibnu wardan dan Ibnu jammaz ,mereka berdua mengambil langsung dari Imam Abu Ja'far
9Imam Ya'qub Al Hadromy memiliki dua rowi Ruwais dan Rouh, mereka mengambil langsung dari imam Ya'qub
10.Imam Kholaf Al Asyir memiliki dua rowi Ishaq dan Idris , mereka mengambil langsung dari imam kholaf
Pertanyaan nya kenapa sih kok lebih terkenal riwayat kholaf sama khollad dan kita menyebutnya nya dengan dua riwayat itu bukannya sulaim yg mengambil langsung dari imam Hamzah, adapun kholaf sama khollad mengambil dari sulaim Jawabannya adalah
bahwasanya pemilihan masing masing riwayat ini bukan berdasarkan hawa nafsu atau asal asalan melainkan dilihat dari kemutqinan mereka baik dari segi teori maupun praktek, kemasyhuran mereka dan juga karena banyaknya waktu yang mereka habiskan untuk mengajarkan (iqro) bacaan tsb kepada orang orang banyak
Jadi bisa kita simpulkan bahwasanya dari 20 rowi yang ada dari qiroat asyroh
1.yang mengambil Al-Qur'an dan bertalaqqi langsung kepada imam nya adalah qolun , Warsy ,Syu'bah,Hafs, Abul Harits , Durri kisai, dan Rowi sisanya dari Durroh
2.yang mengambil Al-Qur'an dan tidak bertalaqqi langsung dengan imam nya melainkan melalui perangkat 1 orang adalah , Durri , Susi , Kholaf dan Khollad
3.yang mengambil Al-Qur'an dan tidak bertalaqqi langsung dengan imam nya melainkan melalui beberapa perantara adalah Bazzi , Qunbul, Hisyam dan Ibnu Dzakwan
والله أعلم
Chaidar Muhammad Suwarsa
Ini adalah silsilah sanad dari qurro asyroh kepada nabi Muhammad SAW
Sumber :
https://m.facebook.com/groups/263399271677422/permalink/520359249314755/
Komentar