Ada banyak kunci sukses yang bisa diterapkan dalam sebuah manajemen organisasi. Salah satunya adalah 3 M yaitu
1. Musyawarah
Berorganisasi identik sekali dengan musyawarah atau rapat. Sebuah keputusan strategis juga harus dilahirkan dari proses rapat yang bisa jadi memakan waktu yang sangat panjang. Semisal menyusun RIP dan RENSTRA. Menyusun kedua perencanaan tersebut tidak bisa simsalabim. Diperlukan analisis SWOT yang mendalam agar rumusan rencana benar-benar sesuai dengan kondisi nyata dan harapan yang ingin diwujudkan.
2. Mujahadah
Setelah rumusan rencana diputuskan, maka diperlukan mujahadah bersama yakni kesungguhan ndslam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diembannya serta program yang menjadi tugasnya.
Mujahadah identik dengan kerjasama. Kerjasama yang mengarah pada pencapaian tujuan bersama.
Mengangkat program dan target tinggi tidak bisa hanya dengan bersangai ria. Harus mengerahkan semua potensi yang ada. Mulai potensi SDM, potensi keuangan dan potensi lainnya yang mendukung untuk mencapai target dan tujuan.
3. Munajat
Sebagai manusia tentu saja banyak kelemahan yang dimilikinya. Banyak keterbatasan yang melekat pada dirinya. Bahkan dalam sebuah organisasi sehebat apapun ada kekurangan dan keterbatasannya.
Munajat adalah jawabannya. Bukan hanya menggantungkan pada kemampuan fisik material. Tapi aspek spiritual juga harus tetap menjadi prioritas dan nilai utamandalam berorganisasi.
Uang tidak bisa menyatukan perasaan dan hati tiap personel. Jabatan kadang malah membuat iri orang lain. Hanya Allah sajalah yang bisa menyatukan perasaan manusia. Maka bermunajat kepada adalah jawabannya.
Komentar