PROFIL
MA DARUL MADINAH MADINAH
PESANTREN HIDAYATULLAH MADIUN
JLN MULYA BAKTI, NO. 23B MOJOREJO TAMAN
A.
PROFIL UMUM MADRASAH
1.
Nama Madrasah :
MA DARUL MADINAH
2.
No. Statistik Madrasah :
131235770003
3.
NPSN : 69894896
4.
Akreditasi Madrasah : C (75)
5.
Tahun Pendirian madrasah : 2014
6.
SK Ijin Operasional : 1617 Tahun 2014
7.
Email madrasah : darulmadinah@yahoo.co.id
8. Website madrasah : www.darulmadinah.info
9. Alamat Lengkap Madrasah : Jl. Mulya Bhakti 23B RT/RW 37/09 Kelurahan Mojorejo Kecamatan TamanK ota Madiun Propinsi Jawa Timur
No. Telp. (0351) 464312
10.
NPWP Madrasah : 75.516.526.3-621.000
11.
Nama Yayasan :
DARUL MADINAH
12. Alamat Yayasan : Jl. Mulya Bhakti 23B RT/RW 37/09 Kelurahan Mojorejo Kecamatan TamanK ota Madiun Propinsi Jawa Timur
Kode Pos 63139
13.
No. Telp. Yayasan : (0351) 464312
14.
No. Akte Pendirian Yayasan :
204
15.
Kepemilikan Tanah : Yayasan
Status tanah :
Sertifikat
Luas tanah : 2500 m2
16.
Status Bangunan :
Yayasan
17.
Luas Bangunan :
300 m2
MA DARUL MADINAH MADIUN
A.
Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
1.
Visi
“Terwujudnya
Lembaga Pendidikan Islam yang unggul sehingga melahirkan generasi muslimah yang
qur’ani”
2.
Misi
a.
Menyelenggarakan
pendidikan Integral yang memadukan aspek ruhiyah, aqliyah dan jismiyah
b.
Melahirkan
generasi muslimah yang bertakwa, berakhlaq mulia dan berkarakter Qur’ani.
c.
Mencetak
tenaga Da’iyah yang handal
Mewujudkan Peradaban Islam di lingkungan pesantren dan
sekitarnya.
3.
Tujuan MA Darul Madinah
a. Menjadi lembaga pendidikan Integral yang
unggul, professional dan inovatif berdasarkan Iman dan Takwa kepada
Allah swt (IMTAQ), Ilmu
Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) serta berwawasan kebangsaan.
b. Terpenuhinya standar isi / kurikulum sesuai dengan
standar nasional pendidikan
c. Tercapainya prestasi siswa pada
kelulusan yang berkarakter Qur’ani dengan perwujudan siswa berprestasi,
penghafal Qur’an dan berakhlak mulia, cerdas dalam intelektual (IQ), emosional
(EQ) dan spiritual (SQ).
d. Terpenuhinya Tenaga Pendidik
dan Tenaga Kependidikan yang berkualifikasi dan berkompetensi sesuai peraturan
yang berlaku.
e. Terpenuhinya fasilitas, sarana dan
prasarana pendidikan sesuai dengan SPM
serta terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, asri,
rindang, berbudaya, dan berkarakter
sebagai implementasi nilai-nilai tauhid dan peradaban Islam.
f. Terwujudnya standar pengeloaan pendidikan sesuai dengan
standar nasional pendidikan
g. Terlaksanannya proses pembelajaran aktif
kreatif, efektif dan menyenangkan.
h. Terpenuhinya pembiayaan
pendidikan sesuai standar pelayanan
minimal.
B.
Profil Lulusan MA Darul Madinah
-
Hafidzul
Qur’an 15 Juz
-
Terampil
berbahasa Arab dan Inggris
-
Terampil baca
kitab kuning
-
Memiliki
keterampilan kemuslimahan
-
Unggul dalam
bidang science
C.
Data Siswa Dalam Lima Tahun Terakhir
Tahun Pelajaran |
Kelas X |
Kelas XI |
Kelas XII |
Jumlah |
||||
Jumlah |
Jumlah |
Jumlah |
||||||
Siswa |
Rombel |
Siswa |
Rombel |
Siswa |
Rombel |
Siswa |
Rombel |
|
2017/2018 |
49 |
2 |
45 |
2 |
29 |
1 |
118 |
5 |
2018/2019 |
47 |
2 |
45 |
2 |
42 |
2 |
133 |
6 |
2019/2020 |
59 |
2 |
46 |
2 |
36 |
2 |
141 |
6 |
2020/2021 |
60 |
|
58 |
|
46 |
|
160 |
7 |
D.
Data Sarana
dan Prasarana
No |
Jenis Prasarana |
Jumlah Ruang |
Jumlah Ruang Kondisi Baik |
Jumlah Ruang Kondisi Rusak |
|
1 |
Ruang
Kelas |
7 |
7 |
- |
|
2 |
Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
|
3 |
Ruang Pimpinan |
1 |
1 |
- |
|
4 |
Ruang Guru |
1 |
1 |
- |
|
5 |
Ruang Tata Usaha |
1 |
1 |
- |
|
6 |
Tempat
Ibadah |
1 |
1 |
- |
|
7 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
|
8 |
Gudang |
- |
- |
- |
|
9 |
Toilet
Guru |
2 |
2 |
- |
|
10 |
Toilet
Siswa |
2 |
2 |
- |
|
11 |
Tempat
Olah Raga |
- |
- |
- |
|
12 |
Laboratorium Biologi |
1 |
1 |
- |
|
13 |
Laboratorium Fisika |
1 |
1 |
|
|
14 |
Laboratorium Kimia |
1 |
1 |
|
|
15 |
Lab. Komputer |
1 |
1 |
- |
|
16 |
Asrama santri |
6 |
6 |
- |
|
17 |
R.Lainnya |
1 |
1 |
- |
|
18 |
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
E.
Data
Pendidik dan Kependidikan
1.
Jumlah PTK berdasarkan tingkat kualifikasi akademik
No |
Status jabatan |
Tingkat Pendidikan terakhir |
||||||
SLTP |
SLTA |
D2 |
D3 |
S1 |
S2 |
S3 |
||
1 |
Kepala madrasah |
|
|
|
|
|
1 |
|
2 |
Wakil kepala madrasah |
|
|
|
|
2 |
|
|
3 |
Guru PNS |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
4 |
Guru Bantu/Honda |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
5 |
Guru sukwan/Honorer |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
6 |
Guru Tidak
Tetap |
- |
- |
- |
- |
12 |
2 |
- |
2.
Kualifikasi Pendidik Berdasarkan Tingkat Kompetensi/Sertifikasi
No |
Status / Jabatan |
Jumlah personil yang lulus sertifikasi |
|
Jumlah |
Tahun |
||
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
F.
Jumlah ketersediaan buku dan sarana pendukung
1.
Koleksi Perpustakaan
No |
Jenis koleksi buku |
Jumlah |
Satuan |
1 |
Buku teks utama |
190 |
|
2 |
Buku bacaan |
175 |
|
3 |
Buku referensi |
188 |
|
4 |
Majalah |
|
|
5 |
Lain-lain |
|
|
2.
Peralatan Pendidikan
No |
Jenis peralatan |
Jumlah |
Satuan |
Kondisi |
1 |
KIT FISIKA |
3 |
PAKET |
Baik |
2 |
KIT KIMIA |
3 |
PAKET |
Baik |
3 |
KIT
BIOLOGI |
3 |
PAKET |
Baik |
4 |
|
|
|
|
3.
Media Pendidikan
No |
Jenis media |
Jumlah |
Satuan |
Kondisi |
1 |
Personal Computer |
2 |
Unit |
Baik |
2 |
Printer |
4 |
Unit |
Baik |
3 |
LCD |
3 |
Unit |
2 Baik, 1 Rusak |
4 |
Sound system |
1 |
Unit |
Baik |
5 |
Laptop |
11 |
Unit |
Baik |
4.
Perabot Sekolah
No |
Jenis perabot sekolah |
Jumlah |
Satuan |
Kondisi |
1 |
Meja/kursi kepala sekolah |
1 |
|
Sangat baik |
2 |
Meja kursi guru |
1 |
|
Sangat baik |
3 |
Meja siswa |
140 |
|
Sangat baik |
4 |
Kursi siswa |
140 |
|
Sangat baik |
5 |
Meja computer |
3 |
|
Sangat baik |
6 |
Lemari kelas |
- |
|
- |
7 |
Papan tulis |
6 |
|
Sangat baik |
8 |
Rak buku perpustakaan |
4 |
|
Sangat baik |
9 |
Papan data kantor |
1 |
|
Sangat baik |
10 |
Lemari data kantor |
7 |
|
Cukup baik |
11 |
Mesin jahit |
2 |
|
Sangat baik |
12 |
Tenda kemah |
10 |
|
Cukup baik |
G.
Jumlah Ketersediaan Ruangan
1.
Ruang Pokok
No |
Nama ruangan |
Jumlah |
Satuan |
Kondisi |
1 |
Ruang kelas / belajar |
7 |
|
Sangat baik |
2 |
Ruang pimpinan |
1 |
|
Sangat baik |
3 |
Ruang guru |
1 |
|
Sangat baik |
4 |
Ruang konseling |
- |
- |
- |
5 |
Aula |
1 |
- |
Baik |
6 |
Tempat ibadah |
2 |
- |
Sangat baik |
7 |
|
|
|
|
2.
Ruang Penunjang
No |
Nama ruang |
Jumlah |
Satuan |
Kondisi |
1 |
Ruang perpustakaan |
1 |
|
Sangat baik |
2 |
UKS |
1 |
|
Baik |
3 |
WC Guru |
2 |
|
Baik |
4 |
WC Siswa |
2 |
|
Sangat baik |
5 |
Wastafel |
2 |
|
Sangat baik |
6 |
|
|
|
|
H.
Kurikulum & Pengembangan Diri
a.
MA Darul Madinah menerapkan kurikulum integral yaitu;
-
Kurikulum
Nasional (K-13)
-
Kurikulum ulumuddin
-
Kurikulum
kepesantrenan
b.
Jurusan MA Darul Madinah Madiun
-
Jurusan IPA (MIA)
-
Jurusan
AGAMA (IIK)
c.
Pengembangan Diri MA Darul Madinah Madiun
-
Tahfidzul
Qur’an
-
Pramuka /
Pandu Hidayatullah
-
Keterampilan
memasak / tata Boga
-
Keterampilan
menjahit / Tata Busana
-
Seni
kaligrafi
-
MTQ
-
Desain
Grafis
-
Beladiri
-
Panahan
I.
Prestasi yang Pernah Diraih
No |
Jenis lomba |
Tingkat |
Tahun |
1 |
Juara 1, 2 dan 3 olimpiade
nasional bahasa arab |
Kota madiun |
2017 |
2 |
Cipta baca puisi |
Kota Madiun |
2017 |
3 |
Juara umum jambore wilayah |
Provinsi Jawa Timur |
2018 |
4 |
Juara HAB Kota Madiun |
Kota Madiun |
2018 |
5 |
Juara HIC 8 Medali |
Provinsi Jawa Timur |
2018 |
6 |
KSM |
Kota Madiun |
2018 |
7 |
Porseni |
Kota Madiun |
2019 |
8 |
Porseni |
Provinsi Jawa Timur |
2019 |
9 |
KSM |
Kota Madiun |
2019 |
10 |
Guru Berprestasi |
Kota Madiun |
2019 |
11 |
|
|
|
MA DARUL MADINAH
No |
Nama |
L/P |
Jabatan |
Pendidikan |
Th.Lama
Mengajar |
Tugas
Mengajar |
1 |
Musarrofah, M.Pd |
L |
Kepala |
S.2 |
12 Thn |
Nahwu |
2 |
Vigih Hery Kristanto, M.Pd |
L |
Guru |
S.2 |
1 Thn |
Matematika |
3 |
Ira Lestari. S.Pd |
P |
Guru |
S.1 |
4 Thn |
Bahasa
Inggris |
4 |
Fida Umrotul Muazizah |
P |
Bendahara |
SMA |
2 Thn |
Bendahara |
5 |
Novia Putri Charisma, M.Pd |
P |
Guru |
S.2 |
2 Thn |
Bhs.
Indonesia |
6 |
Eva Lutviana, S.Pd.Si |
P |
Guru |
S.2 |
5 Thn |
Kimia |
7 |
Abdullah Kartam, S.Sos.I |
L |
Guru |
S.1 |
8 Thn |
Qur’an
Hadits |
8 |
Hanifuddin Abdul Mu’in |
L |
Guru |
S.1 |
2 Thn |
Fikih |
9 |
Nitha Handayani, S.Pd. Gr |
P |
Guru |
S.1 |
2 Thn |
Biologi |
10 |
Nasrullah Juhdy, SE |
L |
Guru |
S.1 |
2 Thn |
Ilmu
Hadits |
11 |
Umu Nur Solekah, ST |
P |
Guru |
S.1 |
2 Thn |
Penjaskes |
12 |
Nikmatul Laili, SE |
P |
Guru |
S.1 |
1 Thn |
Pkn |
13 |
Hamzah Fathul Qorib, Lc |
L |
Guru |
S1 |
1 Thn |
Ulumul Qur’an |
14 |
Eha Kholidah Azzahra, S.Sos |
P |
Guru |
S.1 |
1 Thn |
Imla’ |
15 |
Afifatul Mubarriroh, M.Pd |
P |
Guru |
S.2 |
1 Thn |
Bahasa
Arab |
Komentar