Hidayatullah hadir sebagai salah satu organisasi massa Islam terbesar ketiga setelah NU dan Muhammadiyah. Program mainstream Hidayatullah adalah dakwah dan tarbiyah. Ormas ini memiliki visi besar membangun peradaban Islam yang diwujudkan dalam bentuk kampus atau pondok pesantren. Tidak kurang dari sekitar 300 pondok pesantren Hidayatullah yang tersebar di Nusantara mulai dari kota hingga daerah pedalaman hutan belantara.
Hidayatullah mencoba menghadirkan lembaga pendidika dengan ciri khas kampus 3 dimensi yakni Islamiyyah, ilmiyah dan alamiyah.
Kampus islamiyyah adalah kampus yang didalamnya diterapkan nilai-nilai syariat Islam mulai dari pelaksanaan sholat 5 waktu secara berjemaah bagi para asatidz. Dan berhijab bagi para ustadzah dan santri putri.
Kampus ilmiah adalah kampus yang menjadikan tholabul Ilmi sebagai kegiatan utama di dalamnya. Mulai dari belajar formal di kelas, Taushiyah pekanan oleh para ustadz senior dan para pembina.
Kampus alamiyah adalah mewujudkan kampus yang bersih, asri dan hijau. Kebersihan dan hijau menjadi ciri khas utama kampus Hidayatullah.
Selain itu, Hidayatullah menjadikan Sistemtika Wahyu [SW] sebagai landasan atau manhaj programnya. Manhaj ini terdiri dari
1. Al 'alaq ayat 1-5
2. Al Qolam 1-10
3. Al Muzzammil 1-7
4. Al Muddatstsir 1-7
5. Al Fatihah 1 -7
Konsep ini bukan konsep baru atau penemuan baru. Melainkan konsep yang sudah terdapat dalam Al Qur'an yang sesuai dengan tertib turunnya Al Qur'an. Kemudian dirumuskan dan dijadikan manhaj organisasi Hidayatullah.
Kampus atau pondok pesantren Hidayatullah bukan semata pondok melainkan terdapat lembaga pendidikan formal dan non formal di dalamnya. Mulai jenjang sekolah dasar seperti SD dan MI pendidikan menengah seperti SMP/MTs. Untuk pendidikan non formal ada Diniyah Wustho dan Ulya. Demikian juga beberapa perguruan tinggi dan Ma'had Aly yang juga terdapat di dalamnya.
Melalui Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah [Depdikdasmen], Hidayatullah mengangkat konsep bersama yakni Pendidikan Islam Berbasis Tauhid atau PIBT. Di sini tauhid menjadi landasan pokok bagi semua program dan kegiatan yang diselenggarakan di dalamnya. Dan ini juga bersumber dari Al alaq ayat 1 sampai 5 sebagai landasan pertama dalam membangun akidah dan keimanan yang kokoh pada generasi Islam.
Program utama yang diangkat oleh PIBT adalah al-Qur'an, maka Hidayatullah menjadikan Al Qur'an sebagai program utamanya. Al Qur'an yang menjadi pedoman dan sumber pokok diturunkan menjadi kurikulum yang menjadi ciri khas pesantren Hidayatullah.
Kurikulum PIBT sendiri masih mengacu ke kurikulum Diknas. Sedangkan kurikulum Diniyah, Depdikdasmen Hidayatullah sudah menyusun konsep kurikulum Diniyah jenjang SMP dan SMA.
Dari paparan di atas, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yang menjadi karakteristik sekolah Hidayatullah.
1. Sekolah berbasis pesantren
Semua lembaga pendidikan Hidayatullah berada di lingkungan pesantren. Istilah yang masyhur di Hidayatullah untuk kata pesantren adalah kampus. Sehingga yang mula-mula hadir dan didirikan adalah pesantren. Dan beberapa pesantren Hidayatullah mengawai lembaga pendidikannya dengan mendirikan panti asuhan sebagai wadah bagi santri yang kurang mampu secara ekonomi.
Seiring perjalanan waktu, Hidayatullah kemudian membuka lembaga pendidikan formal mulai jenjang sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Dan semua lembaga pendidikan ini berada di lingkungan Pesantren. Sehingga unsur pesantrennya lebih dominan. Nilai penting dari pesantren ini setidaknya da dua yaitu
Semua lembaga pendidikan Hidayatullah berada di lingkungan pesantren. Istilah yang masyhur di Hidayatullah untuk kata pesantren adalah kampus. Sehingga yang mula-mula hadir dan didirikan adalah pesantren. Dan beberapa pesantren Hidayatullah mengawai lembaga pendidikannya dengan mendirikan panti asuhan sebagai wadah bagi santri yang kurang mampu secara ekonomi.
Seiring perjalanan waktu, Hidayatullah kemudian membuka lembaga pendidikan formal mulai jenjang sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Dan semua lembaga pendidikan ini berada di lingkungan Pesantren. Sehingga unsur pesantrennya lebih dominan. Nilai penting dari pesantren ini setidaknya da dua yaitu
a). Lingkungan yang baik
Lingkungan yang baik adalah aspek penting dalam pengembangan karakter peserta didik. Lingkungan yang baik akan membantu tumbuh kembang kepribaddian positif pada santri. Dan itu semua bisa diwujudkan dengan adanya lingkungan yang baik.
b). Pendidikan Integral
Pendidikan Integral adalah pendidikan yang memadukan semua aspek mulai dari aspek aqliyah, jismiyyah sampai dengan aspek ruhiyah. Pendidikan integral hanya bisa diwujudkan jika ada lingkungan yang baik. Lingkungan yang bisa dijadikan tempat untuk mempraktekkan pengetahuan yang sudah dipelajari di kelas dan halaqoh.
2. Pesantren Tahfidz
Hampir semua pesantren Hidayatullah mengangkat program Tahfidzul Qur'an sebagai program unggulannya. Mulai jenjang sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi pendidikan Hidayatullah menetapkan program ini. Sehingga al-Qur'an menjadi ciri khas utama. Membawa mushhaf menjadi kebiasaan harian santri. Menghafal al-Qur'an di beberapa titik pesantren juga menjadi pemandangan yang acapkali ditemukan di pesantren Hidayatullah. Halaqoh bersama adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh santri Pesantren Hidayatullah
3. Pusat perkaderan
Pesantren Hidayatullah bukan sekedar pesantren biasa. Pesantren Hidayatullah merupakan pusat menyiapkan dan melatih kader yang akan menjadi pelanjut perjuangan Hidayatullah.
Komentar