Langsung ke konten utama

GALERY LITERASI DARUL MADINAH MADIUN 2020-2022

Berawal dari sebuah keinginan untuk mewujudkan program literasi di Darul Madinah, hadirlah sebuah program yang diawali dengan sebuah tantangan kepada anak-anak OPH Darul Madinah Madiun. 

Setiap tahun, mereka para santri selalu menerbitkan Buletin Nafi'ah. Namun kali ini kami para guru meminta santri untuk meningkatkan lagi karya mereka. Alias tidak hanya buletin Nafiah tapi ditambah satu buku karya santri.

Maka gayung bersambut. Para santri yang tergabung dalam OPH Darul Madinah berusaha maksimal hingga terwujudlah karya literasi pertama Darul Madinah Madiun dengan judul Senandung Tangisan Hujan. 


Kemudian disusul dengan karya kedua karya Ananda Yasmina Dyah Ayu Azizah dengan judul until tomorrow. Buku ini merupakan bentuk apresiasi madrasah kepada ananda Yasmina yang dengan telaten dan sungguh-sungguh menyusun buku ini. 

Program ini terus berlanjut. Hingga terbit pula buku ketiga. Buku ini merupakan kumpulan karya guru SMP-MA Darul Madinah Madiun. Buku ini merupakan upaya untuk merangsang minat dan bakat menulis para guru SMP-MA Darul Madinah. 

Tidak berhenti sampai di situ saja. Masih di tahun 2020 kembali terbit 3 buku karya santri SMP Darul Madinah Madiun. Dua buku berisi tentang puisi seputar Covid-19 dimana buku ini disusun pada saat pandemi sedang Merajalela. Dan buku ketiga merupakan kumpulan cerpen. 

Program ini juga disusul dengan karya berikutnya yakni karya kepala MA Darul Madinah Madiun, ustadz Amir Abdullah, M.Pd. Sekilas buku mengisahkan tentang seluk beluk menjadi kepala madrasah dengan berbagai problema dan tantangannya. 

Buku di atas merupakan karya pertama beliau. Bersamaan dengan buku di atas terbit juga buku beliau yang kedua yakni sebuah novel dengan judul "Salah Kasih Nama". Sebuah novel biografi yang menceritakan sebuah nama yang spesial.


Alhamdulillah program literasi Darul Madinah Madiun terus bergerak hingga terbit buku dengan judul Mondok itu Keren. Buku ini kemudian ganti judul menjadi Kiat Sukses Mondok. Buku ini pas sekali bagi para orangtua yang ingin mengenal seluk beluk mondok. Minimal sebagai bekal awal sebelum mondokkan putra dan putrinya. 

Dan insha Allah tahun ini kami menargetkan sebanyak 7 buku selain buku yang sudah kami terbitkan sebelumnya. Ketujuh buku ini merupakan buku karya kolektif sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan santri MA Darul Madinah Madiun.

Insha Allah akan disusul dengan buku berikutnya yakni AKSI LITERASI SEKOLAH HIDAYATULLAH

Alhamdulillah, menyusul dua buku lagi karya guru dan santri MA Darul Madinah Madiun. Semangat yang tak kenal lelah untuk mewujudkan GLS ini terus membara sampai pada titik mampu mencerahkan generasi muda Indonesia. 

Buku berikut adalah karya santri MA Darul Madinah. Merupakan duet antara ananda Salma Furoida Imron dan Ananda Iga Fitriana
Berikut merupakan karya kepala MA Darul Madinah Madiun. Buku ini merupakan buku kelima
Insha Allah di akhir tahun ajaran 2020-2021, MA Darul Madinah Madiun akan menerbitkan sebanyak 6 buku. 

Alhamdulillah keenam buku karya santri MA Darul Madinah telah terbit. Bapak ibu dan para pembaca yang budiman sudah bisa menikmati karya tulis mereka. 

Berikut 6 karya santri MA Darul Madinah yang jadi syarat kenaikan kelas dan syarat kelulusan. 


Buku ini juga merupakan buah karya ananda Salma Furoida Imron dan ananda Iga Fitriana kelas XII IPA. 

Buku berikut adalah karya kedelapan ust Amir Abdullah. Buku ini mengulas tentang pendekatan kepemimpinan yang bersifat praktis. Ditulis dengan gaya bahasa kekinian. Sehingga membacanya tidak perlu mengkerutkan dahi. 

Alhamdulillah, kami terus bersyukur kepada Allah SWT atas lahirnya karya ustadz dan ustadzah Darul Madinah Madiun. Kali ini bertambah lagi karya Darul Madinah Madiun yakni karya ustadzah Ni'matul Hasanah, salah seorang ustadzah SMP Darul Madinah Madiun

Alhamdulillah, karya demi karya terus bermunculan. Kali ini kami terbitkan empat kitab sebagai berikut

Yang pertama adalah ringkasan ilmu shorrof yang disusun oleh ustadz Amir Abdullah



Kitab kedua adalah ilmu hadits

Kitab ketiga adalah ilmu

Kitab yang keempat adalah ilmu nahwu


Dan alhamdulillah. Terima kasih ya Allah program ini terus membuahkan hasil. Para santri menorehkan karyanya lagi tahun ini. Sebanyak 5 buah buku ditulis oleh pada santri dg judul yang berbeda-beda. Subhanallah. Perjuangan ini akhirnya diijabah oleh Allah SWT. 

Tahun 2022 ini telah terbit 5 buku. 

Buku pertama
Buku kedua
Buku ketiga
Buku keempat
Buku kelima

Semoga Allah SWT memudahkan. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅