Langsung ke konten utama

ANALISIS SWOT LITERASI SEKOLAH DI DARUL MADINAH MADIUN

Setiap program yang dijalankan di sebuah lembaga pasti sudah melalui serangkaian tahapan mulai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. 

Penetapan sebuh program juga sudah melalui serangkaian analisis baik dari sisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kita mengenalnya dengan istilah analisis SWOT. Termasuk di dalamnya adalah Darul Madinah Madiun. Gerakan Literasi Sekolah memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Demikian juga peluang dan tantangannya.

Di antara kekuatan yang dimiliki oleh Darul Madinah Madiun adalah
1. SDM yang rata-rata berusia produktif alias masih berusia muda yakni antara usia 20 sampai dengan 40 tahunan.

Selain itu beberapa SDM Darul Madinah Madiun juga sudah mengenyam pendidikan S-2. Jumlah yang ini sekitar 20% dari total SDM yang ada. Selebihnya rata-rata sudah strata 1 atau sarjana.

Hampir semua SDM yang ada sudah melek teknologi. Bahkan sebagian memiliki kemampuan di atas rata-rata. Keterampilan dasar Microsoft office sudah menjadi hal yang biasa. Demikian juga penggunaan media internet juga merupakan hal yang biasa.

2. Legalitas
Dari sisi legalitas, gerakan literasi sekolah merupakan gerakan yang memiliki landasan yang legal dari pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional. Diresmikannya GLS merupakan bukti nyata dari dukungan pemerintah atas gerakan ini. 

3. Dukungan kebijakan
Gerakan Literasi Sekolah di Darul Madinah Madiun mendapatkan lampu hijau langsung dari kepala madrasah. Hal ini menjadikan program literasi Sekolah menjadi lebih mudah untuk dilaksanakan.

Adapun di sisi kelemahan, Darul Madinah Madiun bisa dibilang masih pemula. Kurang pengalaman. Sehingga untuk memulai gerakan ini masih perlu pendampingan dan bimbingan secara terus menerus. Tidak cukup hanya dengan sekali atau dua kali pelatihan. 

Selain itu, kelemahan lainnya adalah mengubah mindset konsumen ke mindset produsen. Hal ini merupakan kelemahan tersendiri yang bisa menghambat laju dan gerak Literasi Darul Madinah Madiun.

Sedangkan dari sisi peluang, gerakan literasi sekolah di Darul Madinah Madiun ini memiliki peluang yang sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan internal Darul Madinah saja gerakan ini sudah bisa menjadi solusi. Sementara sampai saat ini, Darul Madinah Madiun masih menggunakan sumber dan bahan ajar dari penerbit eksternal.

Peluang lainnya, Darul Madinah Madiun merupakan bagian dari Hidayatullah yang secara nasional bisa menjadi mitra pengembangan gerakan literasi sekolah ini. Tak kurang dari 300 pondok pesantren yang tersebar di seluruh titik Nusantara dimana di dalamnya hampir memiliki lembaga pendidikan dari jenjang PAUD sampai dengan perguruan tinggi.

Adapun dari sisi ancaman terhadap gerakan literasi ini bisa dikatakan cukup kecil. Walaupun kecil, namun tantangan ini harus tetap mendapatkan solusi antisipasi agar literasi ini bisa terus berjalan maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅