FORMAT
PENILAIAN KINERJA GURU
DALAM
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama guru :
Mata pelajaran :
Pokok Materi :
Kelas / Semester :
No |
Penampilan
Guru |
Skors
*) |
1 |
Kemampuan membuka pelajaran a.
Menarik
perhatian siswa b.
Memberikan
motivasi awal c.
Memberikan
apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan) d.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan diberikan e.
Memberikan
acuan bahan ajar yang akan diberikan |
|
2 |
Sikap guru dalam proses pembelajaran a.
Kejelasan
artikulasi suara b.
Variasi gerakan
badan tidak mengganggu perhatian siswa c.
Antusiasme
dalam penampilan d.
Mobilitas
posisi mengajar |
|
3 |
Penguasaan bahan belajar (Materi pelaajaran) a.
Bahan belajar
disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP b.
Kejelasan
dalam melaksanakan bahan belajar (materi) c.
Kejelasan
dalam memberikan contoh d.
Memeiliki
wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar |
|
4 |
Kegiatan belajar mengajar (Proses Pembelajaran) a.
Kesesuaian
metode dengan bahan belajar yang disampaikan b.
Penyajian
bahan pelajaran sesuai dengan tujuan/indicator yang telah ditetapkan c.
Memiliki
keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa d.
Ketepatan
dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan |
|
5 |
Kemampuan menggunakan media Pembelajaran a.
Memperhatikan
prinsip-prinsip penggunaan media b.
Ketepatan /
kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan c.
Memiliki
keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran d.
Membantu
meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran |
|
6 |
Evaluasi pembelajaran a.
Penilaian
relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan b.
Menggunakan
bentuk dan jenis ragam penilaian c.
Penilaian
yang diberikan sesuai dengan RPP |
|
7 |
Kemampuan menutup kegiatan pembelajaran a.
Meninjau
kembali materi yang telah diberikan b.
Memberi
kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan c.
Memberikan
kesimpulan kegiatan pembelajaran |
|
8 |
Tindak lanjut / Follow Up a.
Memberikan
tugas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok b.
Menginformasikan
materi/bahan belajar yang akan dipelajari berikutnya c.
Memberikan
motivasi untuk selalu terus belajar |
|
|
Jumlah
skors Aspek Nilai
penampilan (T) |
|
Madiun,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Nilai Akhir : ∑2R+3T =
5
Penilai
( .
. . . . . . . . . . . .. . . . . . )
*) Skala Nilai 0 -4
Kriteria penilaian
Nilai 4 : jika semua descriptor tampak
Nilai 3 : jika hanya 3 deskriptor tampak
Nilai 2 : jika hanya 2 descriptor yang tampak
Nilai 1 : jika hanya 1 deskriptor yang tampak
Nilai 0 : jika tidak ada descriptor yang tampak
Komentar