Langsung ke konten utama

PENILAIAN KINERJA GURU DALAM KBM

 

FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU

DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Nama guru                  :

Mata pelajaran                         :

Pokok Materi              :

Kelas / Semester          :

 

No

Penampilan Guru

Skors *)

1

Kemampuan membuka pelajaran

a.       Menarik perhatian siswa

b.      Memberikan motivasi awal

c.       Memberikan apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan)

d.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan

e.       Memberikan acuan bahan ajar yang akan diberikan

 

2

Sikap guru dalam proses pembelajaran

a.       Kejelasan artikulasi suara

b.      Variasi gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa

c.       Antusiasme dalam penampilan

d.      Mobilitas posisi mengajar

 

3

Penguasaan bahan belajar (Materi pelaajaran)

a.       Bahan belajar disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP

b.      Kejelasan dalam melaksanakan bahan belajar (materi)

c.       Kejelasan dalam memberikan contoh

d.      Memeiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar

 

4

Kegiatan belajar mengajar (Proses Pembelajaran)

a.       Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan

b.      Penyajian bahan pelajaran sesuai dengan tujuan/indicator yang telah ditetapkan

c.       Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa

d.      Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan

 

5

Kemampuan menggunakan media Pembelajaran

a.       Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media

b.      Ketepatan / kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan

c.       Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran

d.      Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran

 

6

Evaluasi pembelajaran

a.       Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan

b.      Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian

c.       Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP

 

7

Kemampuan menutup kegiatan pembelajaran

a.       Meninjau kembali materi yang telah diberikan

b.      Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan

c.       Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran

 

8

Tindak lanjut / Follow Up

a.       Memberikan tugas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok

b.      Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari berikutnya

c.       Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar

 

 

Jumlah skors Aspek

Nilai penampilan (T)

 

 

Madiun, . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

 

Nilai Akhir : ∑2R+3T =

                           5

Penilai

 

 

 

                                                                                    ( . . . . . . . . . . . . .. . . . . . )

 

 

 

*) Skala Nilai 0 -4

Kriteria penilaian

 

Nilai 4 : jika semua descriptor tampak

Nilai 3 : jika hanya 3 deskriptor tampak

Nilai 2 : jika hanya 2 descriptor yang tampak

Nilai 1 : jika hanya 1 deskriptor yang tampak

Nilai 0 : jika tidak ada descriptor yang tampak

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mere...

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM ...

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Pr...