FORMAT
PENAILAIAN PELAKSANAAN
MEMBUKA
dan MENUTUP PEMBELAJARAN
Nama Guru : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Pokok Materi : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Hari / tanggal : . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . Kelas /Smt : . . . . . . . . . . . . . . . . . .
No |
Aktifitas
Guru |
Skor |
|||
Kegiatan Membuka Pembelajaran |
|||||
1 |
Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Memulai pembelajaran setelah siswa siap untuk belajar |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Menjelaskan pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Melakukan apersepsi (mengaitkan materi yang disajikan dengan
materi yang telah dipelajari sehingga terjadi kesinambungan) |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Kejelasan hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran
dilakukan semenarik mungkin |
1 |
2 |
3 |
4 |
Kegiatan menutup pembelaajaran |
|||||
1 |
Kemampuan menyimpulkan KBM dengan tepat |
1 |
2 |
3 |
4 |
2 |
Kemampuan menggunakan kata-kata yang membesarkan hati siswa |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
Kemampuan memberikan evaluasi lisan maupun tulisan |
1 |
2 |
3 |
4 |
4 |
Kemampuan memberikan tugas yang sifatnya memberikan pengayaan dan
pendalaman |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Komentar / saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . |
|
|
|
|
|
Total skor |
|
|
|
|
Penilai,
(
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . )
Komentar