Langsung ke konten utama

TEKNIK PROMOSI SEKOLAH

Bagi sekolah swasta, murid merupakan amunisi utama keberlanjutan sekolah tersebut. Tanpa siswa, maka sekolah swasta tinggal gulung tikar. Terkecuali jika sekolah tersebut ingin berjalan apa adanya. Namun pastinya akan mengalami kemerosotan dan akhirnya tutup.

Sudah banyak sekolah swasta yg dikelola oleh masyarakat yang akhirnya gulung tikar. Bahkan ada sekolah legendaris yang banyak muridnya berakhir dengan gulung tikar

Berbeda dengan sekolah negeri dimana hampir semuanya didukung oleh pemerintah mulai sarana prasarana, tenaga pendidik, biaya dan lain sebagainya. Maka secara otomatis orangtua yang memilih sekolah negeri tidak perlu merogoh kocek lebih dalam alias hampir semuanya gratis.

Olehnya itu, sekolah swasta harus berjuang keras dan maksimal untuk mendapatkan murid sebanyak-banyaknya.

Untuk menjaring murid baru, maka diperlukan langkah-langkah agar upaya yang dilakukan tidak sia-sia.

Langkah pertama
Apa yang akan dijual atau ditawarkan kepada masyarakat? Jawaban dari pertanyaan ini adalah produk atau jasa atau keunggulan. Tanpa sebuah keunggulan atau kelebihan, maka mustahil bisa menarik minat para orangtua untuk menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah tersebut sekalipun gratis.

Maka sekolah swasta harus memiliki keunggulan yg akan ditawarkan kepada masyarakat.

Tidak sembarang keunggulan yang bisa ditawarkan.
Di tengah-tengah masyarakat tentu bertaburan sekolah sejenis yang juga memiliki keunggulan dan pastinya punya keunggulan. Sebab kompetisi akan terus berjalan sekecil apapun keunggulan yg dimiliki.

Maka ciri khas sekolah tersebut harus benar-benar menjadi pembeda antara satu sekolah dengan sekolah lain.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah melihat trend pasar. Misal saat ini lagi booming pendidikan karakter atau sekolah ramah anak,.maka trend ini bisa dijadikan sebuah keunggulan yang bisa ditawarkan ke masyarakat.

Langkah kedua
Membentuk tim humas
Tim humas merupakan ujung tombak dari promosi atau marketing. Merekalah yg akan berjibaku menawarkan produk yang dimiliki sekolah tersebut.

Tim humas bisa memanfaatkan media offline maupun media online seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dsb.

Selain tim humas yang handal, tim humas harus memiliki program kerja jangka panjang dan berkesinambungan yang berkaitan dengan upaya mengenalkan sekolah tersebut ke tengah-tengah masyarakat.

Langkah ketiga : menjalin kerjasama
Menjalin kerjasama dengan sekolah - sekolah yang berada di tingkat bawahnya dan memiliki kesamaan program.

Langkah keempat : mengadakan event atau acara.
Cara ini bisa jadi merupakan cara yang cukup praktis dan efisien. Sebab dengan mengadakan event atau acara, maka sasaran akan datang ke sekolah kita. Maka secara otomatis mereka akan mengenal sekolah kita dan kita pun bisa langsung mempromosikan sekolah kita pada mereka.

Sekian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅