Pendahuluan
Setiap pimpinan organisasi pasti menginginkan organisasi yang dipimpinnya berjalan efektif. Tidak terkecuali organisasi besar ataupun kecil pastinya menginginkan hal yang sama. Namun untuk mewujudkan organisasi efektif tidak bisa diwujudkan dengan secara tiba-tiba. Melainkan terdapat sejumlah prasyarat yang harus dipenuhinya.
Di antara syarat yang harus ada dalam organisasi yang efektif adalah
1. Kejelasan tujuan
Kejelasan tujuan merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi jika menginginkan efektifitas dalam jalannya organisasi. Kejelasan tujuan akan memberikan arah yang jelas bagi semua upaya dan usaha yang sedsng dilakukan oleh semua unsur organisasi utamanya unsur manusia.
Kejelasan tujuan tercermin dari visi dan misi serta tujuan organisasi. Oleh karena itu, visi dan misi organisasi harus senantiasa diinternalisasi dalam Setiap kesempatan, baik formal maupun informal agar semua unsur manusia yang terdapat di dalamnya merasa memiliki terhadap tujuan yang ingin dicapai.
2. Pembagian kerja yang jelas
Pembagian kerja yang jelas merupakan langkah kedua untuk mewujudkan organisasi yang efektif. Tanpa ada kejelasan job yang harus dilakukan oleh semua orang yang terdapat dalam organisasi, maka pencapaian tujuan akan sulit diwujudkan.
Oleh karena itu, sebagai pimpinan organisasi harus melakukan analisis pekerjaan sebelum.merekrut pegawai. Hal itu penting, sebab tanpa kejelasan pekerjaan sama saja dengan membayar pegawai pengangguran.
Selain kejelasan pekerjaan, pihak organisasi juga harus memastikan alat ukur kinerja semua pegawai. Kejelasan alat ukur akan menjadi dasar bagi pimpinan organisasi untuk menilai keberhasilan atau kegagalan pegawai. Kejelasan alat ukur akan memperjelas kebutuhan pembinaan dari pihak organisasi.
3. Kejelasan kompensasi
Orang bekerja tidak hanya sekedar bekerja melainkan menginginkan upah yang layak dan sesuai dengan kinerja yang diberikan kepada organisasi. Tanpa kejelasan kompensasi, hal itu akan menjadi bumerang bagi organisasi. Sebab hal itu akan menjadi alasan untuk mangkir, bermalas-malasan. Dan tentunya akan menjadi kerugian besar bagi organisasi. Karena tujuan yang ingin dicapai bersama menjadi tersendat dan tertunda serta tidak sesuai dengan target waktu yang ditentukan.
4. Hubungan yang baik
Rutinitas pekerjaan bisa menyebabkan stress pada pekerja. Selain stress, karyawan juga bisa merasa bosan jika dihadapkan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Oleh karena itu, stress dan bosan pada karyawan harus dinetralisir dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya menghibur seperti faamily day atau faamily gathering dan lain sebagainya.
Hal seperti sangat penting dilakukan. Sebab hal tersebut akan mengurangi tingkat stress dan bosan pekerja. Walaupun tidak mutlak mengurangi secara seratus persen. Selain itu, hal yang perlu dibudayakan adalah komunikasi aktif dari atasan ke bawahan. Semisal sapaan, senyuman dan lain sebagainya. Sikap-sikap sederhana seperti di atas akan menumbuhkan rasa dihargai pada diri pekerja.
4. Aturan main yang jelas
Faktor lain yang bisa melahirkan organisasi efektif adalah aturan main yang jelas. Hal tersebut bisa dalam bentuk aturan organisasi. Bisa juga dalam bentuk tata tertib atau SOP.
Penting sekali bagi pimpinan organisasi untuk menjaga ketahanan organisasi. Sebab karyawan yang baik bisa saja merasa terabaikan jika terdapat karyawan yang kurang baik. Namun perlakuan sama. Sehingga aturan main yang jelas akan memberikan rasa aman bagi semua karyawan. Yang baik merasa dihargai. Yang tidak baik akan berhati-hati jika melakukan pelanggaran-pelanggaran.
Sekian
Rutinitas pekerjaan bisa menyebabkan stress pada pekerja. Selain stress, karyawan juga bisa merasa bosan jika dihadapkan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Oleh karena itu, stress dan bosan pada karyawan harus dinetralisir dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya menghibur seperti faamily day atau faamily gathering dan lain sebagainya.
Hal seperti sangat penting dilakukan. Sebab hal tersebut akan mengurangi tingkat stress dan bosan pekerja. Walaupun tidak mutlak mengurangi secara seratus persen. Selain itu, hal yang perlu dibudayakan adalah komunikasi aktif dari atasan ke bawahan. Semisal sapaan, senyuman dan lain sebagainya. Sikap-sikap sederhana seperti di atas akan menumbuhkan rasa dihargai pada diri pekerja.
4. Aturan main yang jelas
Faktor lain yang bisa melahirkan organisasi efektif adalah aturan main yang jelas. Hal tersebut bisa dalam bentuk aturan organisasi. Bisa juga dalam bentuk tata tertib atau SOP.
Penting sekali bagi pimpinan organisasi untuk menjaga ketahanan organisasi. Sebab karyawan yang baik bisa saja merasa terabaikan jika terdapat karyawan yang kurang baik. Namun perlakuan sama. Sehingga aturan main yang jelas akan memberikan rasa aman bagi semua karyawan. Yang baik merasa dihargai. Yang tidak baik akan berhati-hati jika melakukan pelanggaran-pelanggaran.
Sekian
Komentar