CLASSROOM MANAGEMENT
Berdasarkan penelusuran terhadap 10 buah artikel international berbahasa inggris tentang manajemen kelas dapat dismpulkan bahwa guru akan bisa mengajar secara efektif jika guru mempunyai persiapan yang matang untuk mengajar. Kesimpulan tersebut bukan tanpa dasar, sebab persiapan tidak hanya diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang atlet yang akan bertanding dalam sebuah kejuaraan akan melakukan persiapan-persiapan agar dia bisa menjadi nomor satu dalam kejuaraan tersebut. maka demikian juga dengan guru dimana puncak keberhasilan seorang guru adalah ketika siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berharga bagi dirinya dan tentu saja bagi lingkungannya. Itulah kebaahagiaan seorang guru yang seharusnya diraih dengan cara melakukan persiapan sebelum mengajar.
terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan oleh guru ketika akan mengajar. Setidaknya hal-hal dibawah ini perlu dilakukan oleh guru sebelum mengajar.
1. Mau mengajar apa?
Pertanyaan ini perlu ditanyakan kepada diri guru. Sebab jika seorang guru sudah bisa menjawab pertanyaan ini berarti guru tersebut sudah tahu apa yang akan diajarkannya kepada siswa. Berbeda dengan guru yang tidak tahu apa yang akan diajarkan kepada siswanya dengan alasan apapun. Ketika sudah jelas apa yang akan dilakukan oleh seorang guru dalam KBM, maka guru tersebut akan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar, minimal dia akan mengingat-ngingat materi dan seluruh kaitannya dengan materi. satu kata kunci "jarang sekali didapati guru ahli yang ketika mengajar tanpa melakukan persiapan, minimal baca-baca.
2. bagaimana cara mengajarkannya?
Menjawab pertanyaan ini akan mengantarkan guru untuk mencari tahu bagaimana cara mengajrkan pengetahuan, informasi atau konsepp kepada siswa. Tidak semua disiplin ilmu sama cara mengajarkannya. Misal Biologi. Mata pelajaran biologi tidak bisa atau kurang efektif jika diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. berbeda dengan mata pelajaran akidah akhlak yang mana guru bisa melakukannya dengan metode ceramah.
Kemampuan menjwab pertanyaan pertama dan kedua adalah modal utama seorang guru dalam mengajar.
3. bagaimana cara mengetahui bahwa siswa sudah paham?
Di sini guru juga harus bisa menjawab pertanyaan ini. Sebab seorang guru dituntut untuk mengetahui siswanya yang paham dan yang belom paham. Sebab tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama antara satu dengan lainnya.
4. Refleksi
Seorang guru mutlak harus melakukan refleksi terhadap semua kegiatan KBM nya. dengan melakukan refleksi atau perenungan, guru akan mereview apa saja kendala dan hambatan dalam mengaajar. Selanjutnya guru akan melakukan persiapan yang lebih matang lagi.
Kegiatan mengajar adalah kegiatan yang ruttin yang terkadang membosankan Di sinilah seoraang guru perlu melakukan inovasi-inovasi dan kreasi-kreasi sehingga menajar akan menjadi profesi yang selalu dirindukannya.
Selamat mencoba
Berdasarkan penelusuran terhadap 10 buah artikel international berbahasa inggris tentang manajemen kelas dapat dismpulkan bahwa guru akan bisa mengajar secara efektif jika guru mempunyai persiapan yang matang untuk mengajar. Kesimpulan tersebut bukan tanpa dasar, sebab persiapan tidak hanya diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang atlet yang akan bertanding dalam sebuah kejuaraan akan melakukan persiapan-persiapan agar dia bisa menjadi nomor satu dalam kejuaraan tersebut. maka demikian juga dengan guru dimana puncak keberhasilan seorang guru adalah ketika siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berharga bagi dirinya dan tentu saja bagi lingkungannya. Itulah kebaahagiaan seorang guru yang seharusnya diraih dengan cara melakukan persiapan sebelum mengajar.
terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan oleh guru ketika akan mengajar. Setidaknya hal-hal dibawah ini perlu dilakukan oleh guru sebelum mengajar.
1. Mau mengajar apa?
Pertanyaan ini perlu ditanyakan kepada diri guru. Sebab jika seorang guru sudah bisa menjawab pertanyaan ini berarti guru tersebut sudah tahu apa yang akan diajarkannya kepada siswa. Berbeda dengan guru yang tidak tahu apa yang akan diajarkan kepada siswanya dengan alasan apapun. Ketika sudah jelas apa yang akan dilakukan oleh seorang guru dalam KBM, maka guru tersebut akan melakukan persiapan-persiapan sebelum mengajar, minimal dia akan mengingat-ngingat materi dan seluruh kaitannya dengan materi. satu kata kunci "jarang sekali didapati guru ahli yang ketika mengajar tanpa melakukan persiapan, minimal baca-baca.
2. bagaimana cara mengajarkannya?
Menjawab pertanyaan ini akan mengantarkan guru untuk mencari tahu bagaimana cara mengajrkan pengetahuan, informasi atau konsepp kepada siswa. Tidak semua disiplin ilmu sama cara mengajarkannya. Misal Biologi. Mata pelajaran biologi tidak bisa atau kurang efektif jika diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. berbeda dengan mata pelajaran akidah akhlak yang mana guru bisa melakukannya dengan metode ceramah.
Kemampuan menjwab pertanyaan pertama dan kedua adalah modal utama seorang guru dalam mengajar.
3. bagaimana cara mengetahui bahwa siswa sudah paham?
Di sini guru juga harus bisa menjawab pertanyaan ini. Sebab seorang guru dituntut untuk mengetahui siswanya yang paham dan yang belom paham. Sebab tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama antara satu dengan lainnya.
4. Refleksi
Seorang guru mutlak harus melakukan refleksi terhadap semua kegiatan KBM nya. dengan melakukan refleksi atau perenungan, guru akan mereview apa saja kendala dan hambatan dalam mengaajar. Selanjutnya guru akan melakukan persiapan yang lebih matang lagi.
Kegiatan mengajar adalah kegiatan yang ruttin yang terkadang membosankan Di sinilah seoraang guru perlu melakukan inovasi-inovasi dan kreasi-kreasi sehingga menajar akan menjadi profesi yang selalu dirindukannya.
Selamat mencoba
Komentar