Langsung ke konten utama

KRITERIA GURU PROFESIONAL

HAKIKAT GURU PROFESIONAL

Menjalani profesi sebagai guru penuh dengan tantangan yang mengharuskan guru berpikir keras untuk mencari solusi agar tidak berkutat dalam masalah. Guru harus terus berinovasi agar pembelajaran yang didesainnya berjalan sesuai dengan harapan, para siswa antusias mengikuti setiap tahap dari proses yang disajikan oleh guru. Jika siswa antusias dalam mengikuti setiap proses pembelajaran, maka besar kemungkinan guru tersebut bisa dikatakan berhasil dalam pembelajarannya. Dengan kata lain, guru tersebut termasuk guru profesional.

Menjadi guru profesional tentu saja merupakan dambaan setiap orang yang memilih profesi guru sebagai sebuah panggilan tanggung jawab. Berbeda dengan sebagian orang yang memilih profesi guru hanya sebagai pelampiasan karena tidak mendapatkan pekerjaan lain yang sesuai dengan harapannya. Profesi guru yang dilandasi oleh panggilan jiwa merupakan modal utama untuk menjadi seorang guru. Sebab inilah yang menjadi titik pondasi yang akan menjadi penopang seorang guru menghadapi berbagai tantangand an rintangan dalam mengajar.

Tentu saja untuk menjadi seorang guru yang profesional tidak semudah membalik telapak tangan. Terdapat sejumlah faktor yang menjadi pendukung untuk seseorang bisa sampai pada tingkat profesional.

1. Keterpanggilan jiwa
Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa profesi guru yang dilandasi oleh keterpanggilan jiwa untuk turut serta mencerdasrkan kehidupan bangsa merupakan modal utama. Jika unsur keterpanggilan ini tidak terdaat pada diri seorang guru, maka guru hanya akan menjalani rutinitas administratif yang menjemukan dan cenderung akan menyalahkan pihak-pihak di sekelilingnya jika ternyata kenyataan di lapangan sangat tidak sesuai dengan selera dan standarnya. berbeda dengan guru yang dilatarbelakangi oleh keterpanggilan jiwa, tentu saja guru tersebut tidak mudah menyalahkan pihak manajemen, guru lain atau bahkan siswa yang tidak seuai dengan harapannya. Guru semacamm ini akan terus mencari solusi atau bahkan memberikan solusi-solusi konkret dari permasalahan pendidikan dan khususnya pembelajaran yang terjadi di sekolah dimana dia mengabdikan dirinya.
Inilah sosok guru yang sangat diharapkan hadir di tengah-tengah bangsa ini.

2. Mengenal pribadi siswa
Rutinitas pembelajaran akan menjadi semua dan menjenuhkan jika seorang guru tidak mengenal karakter dan kepribadian masing-masinga siswa. Bisa dimungkinkan akan terjadi miskomunikasi yang terus menerus atau mengkambinghitamkan siswa-siswa tertentu jika dalam kegiatan mengajarnya selalu dihiasi dengan anak-anak yang "nakal".

Mengenal karakter siswa merupakan sebuah keharusan bagi guru. Inilah modal tambahan bagi guru untuk membangun komunikasi dua arah bukan komunikasi top-down atau atasan bawahan yang cenderung menjadikan siswa menjaga jarak dengan guru yang bersangkutan.

Bersambung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CERITA SI SATU SEMESTER

Mondok di masa Pandemi ini memang full perjuangan. Semua serba baru. Kebijakan baru. Aturan baru dan serba baru lainnya.  Di masa normal santri baru masih bisa dijenguk setelah masa 40 hari. Setelah itu berturut-turut setiap bulan masih bisa dijenguk. Utamanya para santri yang rumahnya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.  Di masa Pandemi ini sama sekali tidak ada penjengukan. Penyesuaian kebijakan dengan kebijakan pemerintah karena adanya covid 19. Hanya telpon dan video call yang setiap pekan bisa sedikit mengurangi rasa rindu dengan ayah bunda, kakak adik dan sanak family semuanya. Mereka mampu bertahan? Jawabannya ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka mampu menahan kangen dan rindu walaupun  sesekali diselingi dengan derai air mata dan keluh kesah.  Ya. Mereka mampu melewati itu semua. Mereka sudah mulai bisa mandiri, kuat mentalnya, kuat perasaannya.  Jangan ditanya apakah mereka tidak kangen. Jangan ditanya apakah mereka tidak ingin pulang? J

PONDOK TAHFIDZ PUTRI DARUL MADINAH MADIUN TP. 2020-2021

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN SMP-MA DARUL-MADINAH HIDAYATULLAH MADIUN "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" 📚 Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2020/2021📚 (KHUSUS PUTRI) 🔵 TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang Reguler :  Januari 2020 - Juni 2020 ⏰ Waktu: _08.00-14.00 _(Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     - _SMP Putri_: 35 Santri     - _MA  Putri_: 25 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN _MENYERAHKAN BERKAS:_ ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: *081313836275* 🔵 PROGRAM & FASILITAS *Program Un

PPDB PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN

PESANTREN PUTRI TAHFIDZUL QUR'AN HIDAYATULLAH MADIUN SMP-MA DARUL MADINAH "Komitmen pada Pembentukan Karakter, Tahfidzul Qur'an & Akademik yang Unggul" Telah Membuka Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 (KHUSUS PUTRI) TANGGAL PENDAFTARAN: Gelombang INDENT :  Agustus 2020 - 15 Desember 2020 ⏰ Waktu: 08.00-14.00 Senin -  Sabtu 👥 Kuota Terbatas     SMP Putri : 64 Santri     MA  Putri : 50 Santri 📝 Tes online dari rumah 🗣 Pengumuman Hasil Tes  Sepekan setelah tes 🔵 SYARAT PENDAFTARAN ☑ Photo copy rapor kelas 5 (jenjang SMP), rapor kelas 8 (jenjang MA) ☑ Photo copy KK dan akte kelahiran @2 lembar ☑ Mengisi formulir pendaftaran ☑ Mengisi lembar observasi ☑ Mengisi formulir kesanggupan biaya ☑ Menandatangani surat pernyataan ☑ Membayar uang pendaftaran Rp 250.000 ✍ CARA PENDAFTARAN ✅ Online melalui WA: 081313836275 🔵 PROGRAM & FASILITAS Program Unggulan: ✅ Tahfizh Al-Qur'an ✅ Qira'atul-Kutub ✅ Takhassus 30 Juz Program Penunjang: ✅