Langsung ke konten utama

Postingan

DELAPAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Pada kenyataannya dewasa ini banyak para guru yang mengajar dengan pola tradisional dan mengabaikan keterampilan-keterampilan yang sangat mendasar ini. Padahal 8 (delapan) keterampilan dasar bagi seorang guru sangatlah penting, karena menyangkut efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran, berikut ini penulis menyajikan 8 (delapan) keterampilan dasar bagi seorang guru dalam pengelolaan kelas di kegiatan belajar dan mengajar. .         Keterampilan Bertanya Pada hakikatnya melalui bertanya kita akan mengetahui dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang ingin kita ketahui. Dikaitkan dengan proses pembelajaran maka kegiatan bertanya jawab antara guru dan siswa, atara siswa ini menunjukan adanya ineraksi dikelas yang di dinamis dan multi arah. Kegiatan bertanya akan lebih efektif bila pertanyaan yang diajukan cukup berbobot, mudah dimengerti atau relevan dengan topik yang dibicarakan. Tujuan guru mengajukan pertanyaan anatra lain adalah : Menimbulkan rasa...

KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Terdapat 7 (tujuh) aspek dan 45 (empat puluh lima) indikator yang berkenaan penguasaan  kompetensi pedagogik. Berikut ini disajikan ketujuh aspek  kompetensi pedagogik  beserta indikatornya: A. Menguasai karakteristik peserta didik Guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang  karakteristik peserta didik  untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya: Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya, Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda, Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merug...

PERLAHAN TAPI PASTI

Memperbaiki sebuah sistem yang sudah lama berjalan bukanlah perkara gampang. Sebab sistem yang sudah terlanjur mengakar kuat dan menghunjam ibarat pohon lumayan susah memcabutnya.  Belom lagi pelaku lama juga masih ada dalam sistem tersebut. Maka cara yang paling mudah adalah perbaiki dari yang paling ringan dan sederhana. Demikian juga dari sisi perbaikan tata aturannya. Memulai perubahan besar haruslah dimulai oleh sebuah tim. Tim ini harus sepaham, selangkah dan seirama. Oleh karena itu, tim ini harus senantiasa diorientasi dan koordinasi serta konsolidasi. Utamanya terkait dengan target yang ingin diwujudkan dan diraih. Tim ini juga harus dipahamkan akan wewenang dan tanggungjawabnya bahwa jika lembaga ini ingin lebih baik dan maju, maka semuanya harus paham akan tugas dan tanggungjawabnya.

SEPI PEMINAT

Bagi penulis pemula seperti saya, pasti pernah atau bahkan sering merasa bahwa tulisannya kurang peminat alias tak ada yang membaca tulisannya.  Sebenarnya hal ini wajar menurut saya. Semua penulis pemula akan merasakan hal yang sama.  Bisa jadi banyak faktor yang melatarbelakanginya. Diantaranya adalah  1. Kualitas tulisan yang biasa-biasa saja Sebagai penulis pemula tentu saja masih banyak kekurangan di sana sini. Baik dari sisi susunan kalimat, pemilihan diksi dan typo atau salah ketik.  Selain itu, tema yang diangkat sudah banyak ditulis dan diulas oleh penulis lain sebelumnya dimana secara kualitas tulisannya mungkin lebih bagus dan enak dibaca. 2. Kurang percaya diri Di sisi yang lain, bisa saja tulisan penulis pemula sebenarnya bagus namun kurang percaya diri. Wajar. Sebab hal ini berdasarkan pada hasil bacaan tulisan orang lain yang bisa jadi menurutnya lebih baik dari tulisannya. Memang lumayan berat dan sulit untuk menghasilkan tulisan atau kary...

KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH GURU

1. Kompetensi pedagogik 2. Kompetensi kepribadian 3. Kompetensi sosial 4. Kompetensi profesionalisme Kompetensi pedagogik 1. 14 keterampilan mengajar 2. Mengenal gaya belajar 3. Mengenal macam-macam kecerdasan 4. Konsep manusia dalam Islam 5. Pengelolaan kelas Kompetensi kepribadian 1. Berakhlak islami 2. Mampu membaca dan memahami Al Qur'an 3. Menjadi teladan  Kompetensi profesionalisme 1. Mampu menyusun dan membuat perangkat mengajar 2. Mampu memanfaatkan sumber dan bahan ajar 3. Dll

MERDEKA BELAJAR 2

Pada tulisan kedua dari gagasan pak menteri tentang merdeka belajar, saya akan mengulas sisi lain dari gagasan tersebut. Merdeka belajar adalah adanya fasilitas pendidikan yang memberikan peluang kepada anak untuk mengembangkan potensinya.  Yang dimaksud fasilitas pendidikan di sini bukan sekedar gedung yang megah dan mewah. Fasilitas pendidikan yang dimaksud adalah adanya lingkungan yang nyaman dimana anak bisa mengembangkan potensinya dengan baik.  Berbicara lingkungan, maka peran para orang dewasa menjadi sangat penting dimana mereka menjadi fasilitator, pengarah dan pembimbing bagi anak-anak atau para murid. Dimana ada lingkungan yang sehat dan baik yang bisa menjadi tempat untuk mengembangkan potensi anak. Mungkin jarang sekali. Sehingga lingkungan seperti ini harus didesainatau dibuat dan direkayasa. Rekayasa lingkungan agar menjadi tempat yang nyaman untuk mengembangkan potensi anak perlu diupayakan dengan menyiapkan beberapa hal 1. Penelusuran minat bakat T...