Dalam sebuah organisasi, menyusun program kerja merupakan hal yang rutin dilakukan setiap tahun. Terkadang, saking rutinnya prinsip-prinsip yang harus dipedomani terlupakan. Di antara prinsip-prinsip yang harus dipedomani adalah 1. Mengacu kepada Tujuan Setiap program yang dirancang harus mengacu kepada tujuan yang akan dicapai. Baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Ini merupakan prinsip pertama dan utama yang harus benar-benar harus dipertimbangkan oleh penyusun dan perancang program. 2. Efisien Prinsip kedua adalah prinsip efisiensi. Menyusun program bukan sekedar rame-ramean apalagi sekedar menghabiskan anggaran. Harus dipertimbangkan biaya, energi yang akan digunakan dalam menyusun program. 3. Skala prioritas Tidak semua program harus diangkat. Sebab ada kalanya satu program lebih prioritas daripada program lainnya walaupun semuanya bagus. Tetap harus ada program yang diutamakan. 4. Berkesinambungan Semua program harus berkesinambungan alias bersam...
Blog ini berisi tentang Ide, Gagasan dan Pemikiran Pendidikan dan Pendidikan Pondok Pesantren